Cara Backup VPS Vultr, Agar Terhindar dari Kehilangan Data

MID Teknologi – Backup merupakan hal yang penting dan wajib di lakukan untuk jaga-jaga jika suatu saat vps mengalami crash atau kerusakan, di artikel ini kita akan membahas secara lengkap dan kompeherensif cara backup vps vultr.

Logo Vultr

VULTR

  • Uptime Server Sangat Bagus (Jarang Sekali Gangguan)
  • Performance Server Sangat Bagus
  • Harga Sangat Terjangkau
  • Tersedia Banyak Lokasi Datacenter
  • Layanan Sangat Lengkap (cloud vps, managed database,object storage dll)
  • Dukungan TIM Support 24 Jam Nonstop

Apa itu backup VPS Vultr?

apa itu backup vps?
apa itu backup vps?

Backup VPS Vultr adalah proses melakukan backup secara keseluruhan vps dan hasil dari backup vps berupa file image dimana nantinya saat kita membuat vps baru di vultr kita dapat menggunakan image backup vps ini sehingga vps yang dibuat akan memiliki konfigurasi yang sama dengan vps yang menjadi sumber backup.

Tujuan utama dari backup VPS Vultr adalah untuk menjaga keberlanjutan operasional dan mengurangi risiko kehilangan data penting. Jika terjadi masalah teknis atau serangan cyber yang mengakibatkan kehilangan data, backup dapat digunakan untuk mengembalikan sistem dan data ke kondisi sebelumnya(recovery).

Apa Saja Keuntungan Melakukan Backup VPS Vultr Secara Berkala?

Melakukan backup VPS Vultr secara berkala memberikan sejumlah keuntungan, antara lain:

  • Pemulihan Data: Jika terjadi kerusakan pada server atau kehilangan data akibat kesalahan manusia, serangan malware, atau masalah lain, backup yang telah dibuat bisa digunakan untuk mengembalikan data dan sistem ke kondisi sebelumnya.
  • Kontinuitas Bisnis: Dengan backup, bisnis Anda bisa terus berjalan meskipun terjadi gangguan. Data dan informasi penting yang telah di-backup memungkinkan Anda untuk cepat memulihkan operasional bisnis.
  • Perlindungan terhadap Serangan Ransomware: Jika server Anda menjadi korban serangan ransomware, Anda dapat menggunakan backup untuk mengembalikan sistem dan data, tanpa perlu membayar tebusan kepada penyerang.
  • Pengujian dan Pembaruan Aman: Backup memungkinkan Anda untuk mencoba pembaruan dan perubahan pada sistem tanpa khawatir merusak server asli. Jika ada masalah, Anda dapat kembali ke versi sebelumnya menggunakan backup.
  • Mengurangi Downtime: Dalam kasus kerusakan server, memiliki backup yang dapat dengan cepat dipulihkan akan mengurangi waktu downtime, sehingga meminimalkan gangguan pada pengguna dan pelanggan.
  • Kepatuhan Regulasi: Untuk beberapa industri, melakukan backup data secara berkala adalah bagian dari persyaratan hukum dan regulasi yang harus dipatuhi.

Oleh karena itu, melakukan backup VPS Vultr secara berkala adalah investasi penting untuk keamanan dan kelangsungan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Backup VPS Vultr?

berikut ini langkah-langkah cara melakukan backup vps vultr yaitu sebagai berikut:

Pertama, Silahkan login ke akun vultr anda jika anda belum memiliki akun silahkan daftar vultr

Kedua, klik menu produk dan pilih instance vps yang akan di backup

ketiga, klik tanda titik tiga di sebelah kanan instance vps yang akan dibackup dan klik view details

keempat, klik menu storage dan pilih enabled backup

kelima, tentukan schedule backup vps dan klik update

keenam, proses backup akan berjalan sesuai dengan schedule yang sudah anda tentukan

jika file backup sudah berjalan anda akan dapat melihat file backup pada menu backup di bagian backup history detainya seperti gambar dibawah:

Backup History VPS Vultr
Backup History VPS Vultr

Cara Recovery VPS Menggunakan Backup Image

Vultr memberikan kemudahan bagi pengguna layanan cloud vps untuk melakukan recovery ataupun membuat vps baru dengan menggunakan image backup hal ini sangat membantu kita dalam mempercepat proses recovery vps jika mengalami kendala.

Berikut ini cara membuat vps baru menggunakan image backup di vultr:

Pertama, silahkan login ke akun vultr anda dan klik menu product dan klik icon “+” dan pilih deploy new server

Kedua, silahkan anda pilih jenis server, cpu dan lokasi datacenter yang anda gunakan

ketiga, di bagian pemilihan image silahkan klik tab menu backup dan pilih file backup yang akan anda gunakan

Recovery Backup VPS Vultr
Recovery Backup VPS Vultr

keempat, silahkan anda pilih server size seperti memory,cpu sesuai dengan kebtuhan anda

kelima, setelah semua tahapan diatas anda jalankan silahkan klik Deploy Now untuk memulai proses pembuatan vps vultr menggunakan file backup

Proses pembuatan vps di vultr dapat memakan waktu kurang lebih 5-10 menit. Silahkan anda tunggu prosesnya dengan sabar ya hehehe.

Baca Juga : Review Performance VPS VULTR

dengan menerapkan langkah-langkah diatas anda sudah berhasil membuat vps dengan file backup gimana mudah bukan? untuk lebih memudahkan anda dalam menerapkan backup silahkan simak video cara backup vps vultr dibawah ini.

Video tutorial backup vps vultr

Daftar VULTR Gratis Saldo $100 daftar disini

Kesimpulan

Dengan melakukan backup vps vultr kamis tidak lagi khawatir jika vultr mengalami masalah atau gangguan karena database dan juga server-server lainnya menyimpan file cloud di tempat yang aman dan terhindar dari crash computer.

Demikian tutorial cara membuat vps vultr semoga bermanfaat

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment


Cari VPS Terbaik?
Pakai Contabo
Diskon 20%
DAFTAR Contabo