Cara Migrasi Cyberpanel ke Cyberpanel dengan satu kali Klik

MID Teknologi – Migrasi dari server provider A ke Provider B merupakan hal yang lazim dan lumrah di lakukan saat anda memanage website di VPS, namun jika proses migrasi dilakukan secara manual akan menghabiskan waktu anda. Di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara migrasi cyberpanel ke cyberpanel otomatis sehingga lebih hemat waktu dan engeri anda.

Perhatian!

Tutorial ini hanya bisa anda terapkan ketika menggunakan control panel hosting terbaik cyberpanel

Apa Kelebihan dan Kekurangan Migrasi Cyberpanel ke Cyberpanel?

berikut ini kelebihan migrasi cyberpanel:

  • Hemat waktu dan Energi.
  • Minim kesalahan saat migrasi.

berikut ini kekurangan migrasi cyberpanel:

  • Konfigurasi tidak ikut termigrasi
  • Server tujuan dan sumber harus sama-sama menggunakan cyberpanel
  • Tidak support migrasi dari control panel lain selain cyberpanel

Persiapan Migrasi Cyberpanel ke Cyberpanel

  • Server Tujuan sudah terinstall Cyberpanel
  • Koneksi internet server stabil

Cara Migrasi Cyberpanel ke Cyberpanel

berikut ini panduan lengkap cara migrasi cyberpanel ke cyberpanel (berbeda server)

Silahkan anda login ke akun cyberpanel server sumber (source) dan klik menu users dan klik enable API Access (lihat gambar)

Enable API Access
Enable API Access

Setelah anda berhasil mengaktifkan API Access di Panel Cyberpanel Server Sumber maka langkah selanjutnya silahkan anda login ke panel Cyberpanel server tujuan (destination).

Lalu di akun cyberpanel server tujuan, silahkan klik menu backup dan klik remote backup, setelah itu silahkan anda masukkan IP & Password Login Cyberpanel Server Sumber (Source) dan klik Tombol Fetch Accounts.

setting remote backup cyberpanel
setting remote backup cyberpanel

Setelah anda klik tombol Fetch Accounts maka cyberpanel akan mendownload informasi website-website yang ada di server sumber (source server), silahkan anda pilih website yang ingin anda migrasikan dan klik tombol Start Transfer

pilih website yang akan di migrasikan
pilih website yang akan di migrasikan

Berikut ini progress transfer website dari server sumber ke server tujuan (cyberpanel to cyberpanel)

progress migrasi website berhasil
progress migrasi website berhasil

Catatan Penting!

Konfigurasi Cronjob tidak ikut dimigrasi jadi anda harus membuat ulang konfigurasi cronjob website yang telah anda migrasikan di server cyberpanel tujuan.!

Course Mastering Cyberpanel

Tingkatkan pemahamanmu tentang semua fitur dan optimasi CyberPanel secara cepat dengan mentor ahlinya! Dapatkan bonus berupa Source Code dan konsultasi via Telegram Gratis. Menarik, bukan? Klik Tombol dibawah 👇👇👇

Cari Rekomendasi VPS Terbaik 2024? Cek disini

Dapatkan Tutorial Teknologi di YouTube MID Teknologi

Apa itu Cyberpanel?

CyberPanel adalah salah satu kontrol panel web yang dirancang untuk memudahkan manajemen dan pengelolaan server hosting web. Ini menawarkan antarmuka pengguna grafis yang ramah pengguna untuk mengatur berbagai aspek server, termasuk pengelolaan domain, database, email, dan aplikasi web.

CyberPanel juga menyediakan fitur caching dan optimalisasi yang dapat meningkatkan kinerja situs web. Dibangun di atas teknologi open source, CyberPanel menjadi pilihan populer bagi pengguna yang mencari alternatif sederhana dan efisien untuk kontrol panel hosting web.

Buat anda yang belum tau cyberpanel silahkan pelajari disini

Apa itu Migrasi Website?

Migrasi website adalah proses memindahkan seluruh situs web dari satu server atau platform ke server atau platform lainnya. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti penggantian hosting, upgrade teknologi, atau perubahan kebutuhan bisnis. Proses migrasi melibatkan transfer semua file, basis data, dan konfigurasi terkait dari server lama ke server baru.

Apa itu Migrasi cyberpanel ke cyberpanel?

Migrasi CyberPanel ke CyberPanel adalah proses memindahkan situs web, data, konfigurasi, dan pengaturan dari satu instalasi CyberPanel ke instalasi CyberPanel lainnya. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti upgrade versi CyberPanel, penggantian server, atau perubahan kebutuhan hosting.

Proses migrasi ini melibatkan transfer semua file situs web, database, serta konfigurasi server dan aplikasi terkait lainnya dari server lama ke server baru yang menjalankan CyberPanel.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa situs web tetap berjalan dengan lancar tanpa mengalami gangguan berarti selama proses perpindahan.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tutorial diatas kita akan sangat dimudahkan saat migrasi (berpindah server vps) baik itu di provider lain ataupun masih menggunakan provider yang sama.

Tertarik ingin mendalami cyberpanel secara lengkap dan di pandu langsung oleh ahlinya? Join Course Mastering Cyberpanel klik disini

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment


Cari VPS Terbaik?
Pakai Contabo
Diskon 20%
DAFTAR Contabo