Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows

Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows – Kernel Security Check Failure adalah salah satu error blue screen yang sering muncul pada laptop ataupun komputer windows 10 dan 11.

oleh karena itu kali ini MID Teknologi akan membahas penyebab dan cara mengatasi blue screen kernel Security Check Failure, langsung saja kita mulai.

Penyebab Kernel Security Check Failure

Penyebab dari blue screen of death Kernel Security Check Failure adalah karena adanya beberapa file atau program yang tidak kompatibel dengan sistem operasi windows 10/11 yang kamu jalankan.

ketika windows menjalankan suatu file yang dibutuhkan, windows akan menjalankan compatibility and integrity test, ketika file/program tsb gagal menjalankannya maka windows secara otomatis akan menampilkan BSOD Kernel Security Check Failure.

hal ini sering terjadi, terlebih lagi jika anda baru saja mendownload file ataupun memasang software tertentu, khususnya ketika anda menginstall driver.

bukan hanya itu, driver yang sudah usang dan tidak kompatibel dengan versi windows juga dapat menyebabkan blue screen ini terjadi.

ada beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan bsod ini terjadi, berikut listnya

  • Driver usang
  • File/program yang tidak kompatibel
  • terjadi corrupt file pada data inti windows
  • Driver yang tidak sesuai
  • kegagalan sistem memori (ram)
  • malware
  • Hardisk rusak

Baca Juga : 8 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Cara Mengatasi Kernel Security Check Failure

untuk mengatasi masalahnya sebenarnya kamu harus tau penyebabnya dari list diatas. namun kali ini MID Teknologi akan menjelaskan step untuk memperbaiki masalah ini secara kesuluruhan.

1. Jalankan System Scurity File Checker

seperti yang saya jelaskan diatas, salah satu penyebab masalah ini adalah karena adanya corupt pada file inti windows.

sebenarnya windows menyediakan sistem untuk melakukan pengecekan keseluruhan sistem inti untuk memperbaiki file-file yang hilang ataupun corupt.

sistem ini dinamakan System Scurity File Checker, dan untuk menjalankan kamu perlu membuka command prompt dengan cara klik logo windows -> tulis cmd -> klik kanan pada command prompt -> pilih run as administrator.

setelah command promp terbuka kamu bisa menjalankan perintah dibawah

sfc /scannow

setelah itu tunggu hingga proses scanning selesai.

Cara Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows 10

Jika ditemukan file corupt maka windows akan menampilkan pesan seperti diatas dan secara otomatis windows juga akan memperbaikinya, kamu cukup menrestart komputermu setelah proses can selesai.

2. Menjalankan Checkdisk

langkah kedua adalah menjalankan checkdisk windows untuk memastikan bahwa tidak ada sistem windows yang mengalami incompatibilitas/error.

Cara Cepat Mengatasi laptop windows 10 Kernel Security Check Failure

caranya dengan:

  1. Buka File Explorer
  2. Buka This pc
  3. klik kanan pada partisi terinstall windows (biasanya disk C:)
  4. Klik properties
  5. Klik Tools
  6. pada kolom error checking klik Check
  7. Setelah selesai Restart laptop/komputer kalian

3. Uninstall/Update Program/Driver yang baru diinstall

Salah satu penyebab Kernel Security Check Failure adalah karena adanya program/driver yang tidak sesuai dengan hardware/windows yang digunakan.

Oleh Karena itu, jika seminggu sebelum error ini terjadi anda pernah menginstall suatu software ataupun driver, maka anda harus menguninstall driver/program tersebut.

Tapi jika anda sebelumnya tidak pernah menginstall program/driver baru coba anda pastikan, apakah beberapa waktu kebelakang windows anda melakukan update?

jika iya maka itu artinya mungkin anda perlu melakukan update driver secara manual karena masalah kompatibilitas.

4. Jalankan Memory Diagnostic Tool

Masalh yang bisa terjadi berikutnya yaitu eror pada bagian memory, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menjalankan Memory Diagnostic Tool

Cara Cepat Mengatasi komputer windows 10 blue screen Kernel Security Check Failure

caranya dengan buka logo windows -> tulis Memory Diagnostic -> buka -> klik restart now and check for problems

5. Restore Windows

Jika windows mu melakukan update beberapa hari sebelum masalah ini terjadi, bisa jadi masalah ini disebabkan oleh tidak kompatibelnya windows dengan hardwaremu.

oleh karena itu kamu bisa menjalankan sistem restore untuk melakukan rollback sistem sebelum windows melakukan update.

setelah itu jangan lupa untuk mematikan auto update agar windows tidak melakukan update ke versi terbaru agar masalah ini tidak terjadi lagi

kamu bisa mengikuti video dibawah untuk melakukan system restore di windows 10

6. Ganti Hardisk

Jika kelima cara diatas sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, itu artinya kemungkinan kerusakan terletak pada hardisk, coba cek kesehatan hardisk mu menggunakan software pengecekan seperti crystal disk info dll.

hardisk bisa rusak karena banyak faktor, beberapa diataranya

  • Umur yang sudah tua
  • Terkena magnet
  • Sering mati secara paksa
  • Terkena listrik statis
  • terbentur atau terguncang

Jika dirasa hardiskmu sudah lama digunakan ataupun healthnya sudah sangat menghawatirkan itu saatnya kamu mengganti hardisk yang kamu gunakan saat ini.

Itulah beberapa hal yang dapat MID Teknologi sampaikan mengenai Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows, semoga bermanfaat

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment