Staff Gudang: Pengertian, Tugas, Gaji, dan Tanggung Jawab Staff Gudang

staff gudang

Bidang logistik dengan sekelompok staff gudang yang bekerja di dalamnya masih menjuarai pasar bisnis Indonesia, apalagi semenjak tren jual beli online semakin pesat. Ditambah, bisnis e-commerce pun kini mendominasi keberadaan gudang atau warehouse di Indonesia.

Tak dapat dinyana, banyaknya gudang dan warehouse pun turut membuka semakin banyak lapangan pekerjaan di Indonesia. Seperti pihak-pihak yang akan bertugas mengelola manajemen gudang hingga operasionalnya.

Tim yang bertugas dan bertanggung jawab akan jalannya sistem pergudangan dalam bisnis di bidang logistik tersebut staff gudang. Apa itu staff gudang dan seperti apa tugasnya, gaji, serta tanggung jawabnya dalam operasional gudang? Mari simak penjelasan lengkapnya di sini.

Apa itu Staff Gudang?

apa itu staff gudang
apa itu staff gudang

Staff gudang adalah pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan yang memiliki tugas berkaitan dengan logistik. Pekerjaan staff gudang lebih berfokus pada penyediaan barang seperti melakukan perawatan terhadap barang yang disimpan di gudang hingga menghadapi kendala yang berkaitan dengan akurasi barang. Mulai dari barang disimpan, diproduksi, hingga didistribusikan.

Salah satu skill yang diperlukan dan wajib dimiliki oleh seorang staff gudang adalah ketelitian. Tak hanya itu, dapat bekerja sama dalam tim dengan baik juga diperlukan.

Struktur Organisasi Staff Gudang

Dalam sebuah organisasi staff gudang, terdapat struktur pekerjaan yang memiliki jobdesk berbeda-beda. Apa saja?

Staff gudang

Staff gudang adalah bagian dari struktur karyawan dalam pergudangan yang bertugas memindahkan barang masuk atau keluar dari kendaraan maupun ke dalam kendaraan.

Beberapa jobdesk yang kemungkinan akan dikerjakan orang seorang staff gudang adalah monitoring kinerja operator gudang, bertanggung jawab atas proses bongkar muat barang di gudang, membuat laporan kegiatan dan arus barang, hingga bertanggung jawab terhadap setiap proses alur barang mulai dari penerimaan, penyimpanan stok, hingga jika terjadi kerusakan dan kebakaran.

Admin Warehouse

Admin warehouse berperan penting dalam divisi logistik sebuah perusahaan maupun manufaktur. Biasanya terdapat minimal 1 admin warehouse dalam divisi logistik.

Peran admin warehouse adalah mengelola gudang agar terhindar dari komplain pelanggan yang dapat menyebabkan kerugian perusahaan. Maka dari itu, pencatatan arus barang masuk dan keluar gudang serta klasifikasi seluruh barang di dalam gudang adalah wewenang utama dari pekerjaan ini.

Operator Warehouse

Operator warehouse merupakan orang yang bertugas memastikan alur masuk dan keluar barang agar berjalan dengan baik. Selain itu, operator warehouse juga menata barang yang ada dalam gudang dan mengeceknya sebelum melakukan pengiriman.

Biasanya operator warehouse masih dibagi lagi ke beberapa jenis jobdesk, mulai dari briefing pagi, menerima barang, menata barang, mengemas barang, mengecek barang, hingga melakukan pengiriman barang. Karena berurusan dengan pekerjaan fisik, biasanya seorang operator warehouse harus orang dengan fisik yang prima, apalagi tak jarang bagian ini sering lembur hingga bekerja overtime.

Kepala Gudang

Kepala gudang atau biasa disebut supervisor merupakan orang yang bertugas mengawasi dan bertanggung jawab akan setiap pekerjaan yang berkaitan dengan gudang atau warehouse. Tentu saja ia harus mencapai titik yang sesuai dengan standar keinginan perusahaan.

Beberapa pekerjaan yang mungkin akan dikerjakan kepala gudang meliputi pengawasan pekerjaan tim sesuai standar kerja, membuat perencanaan pengadaan barang hingga distribusi, hingga mengawasi setiap detail operasional gudang, termasuk ketersediaan barang.

Untuk semakin memahami pengertian dari staff gudang beserta berbagai poin penting dari pekerjaan tersebut, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Staff Gudang Adalah?

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, staff gudang adalah orang yang bekerja pada suatu gudang atau perusahaan yang bertugas menyimpan dan memproses pesanan produk. Tak hanya mengawasi, staff gudang juga menerima dan mengelola stok produk.

Tugas staff gudang adalah memastikan barang sudah dipiindahkan ke titik lokasi yang dituju. Pekerjaan itu meliputi pengemasan barang produksi, mengoperasikan software inventory, hingga melacak inventaris.

Tugas & Tanggung Jawab Staff Gudang

Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab staff gudang:

Melakukan Bongkar Muatan Barang

Sebagaimana yang telah dijelaskan, tanggung jawab dari seorang staff gudang adalah pada aktivitas pendistribusian barang. Maka dari itu, kegiatan tersebut erat kaitannya dengan bongkar muat barang.

Menyelesaikan dan Menyiapkan Pesanan

Seorang staff gudang bertugas menyelesaikan dan menyiapkan pesanan untuk pengiriman dan pengambilan barang sesuai jadwal. Hal itu termasuk memuat, membungkus, memberi label, hingga mengirimkan barang.

Menerima dan Memproses Stok di Gudang

Karena gudang berisi banyak stok yang akan datang dan pergi, maka tugasnya staff gudang adalah menerimanya dan memprosesnya agar manajemen gudang berjalan seimbang.

Melakukan Kontrol Inventaris

Kontrol inventaris adalah proses mengelola tinglat inventaris untuk memastikan bahwa jumlah setiap produk dapat mencukupi permintaan konsumen.

Menulis Laporan Aktivitas Barang

Untuk meminimalisasi kesalahan, maka seorang staff gudang harus rutin menulis laporan aktvitas barnag yang meliputi proses keluar-masuk barang dalam gudang beserta jumlah dan kondisi barang produksi.

Pencatatan ini agar arus barang, kerusakan, retur, hingga stok barang dapat diawasi secara saksama. Dengan begitu kesalahan dalam aktivitas logistik dapat dikurangi.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Warehouse

Apa Saja Syarat Menjadi Staff Gudang?

Untuk menjadi seorang staff gudang, maka setidanya penuhi beberapa poin penting berikut:

·      Minimal lulusan SMA.

·      Akrab dengan metode dan praktik pergudangan modern.

·      Memiliki pengalaman kerja di gudang.

·      Memiliki keahlian dalam mengoperasikan software inventaris, basis data, ataupun sistem.

·      Memiliki kemampuan manajemen waktu dan berorganisasi untuk mendukung kinerja dalam tim.

·      Memiliki lisensi ahli.

·      Memiliki ketahanan fisik yang kuat.

·      Siap bekerja di bawah tekanan dan bahkan overtime.

·      Memiliki tanggung jawab dan ketelitian yang tinggi.

·      Untuk beberapa jobdesk, diharuskan dapat mengoperasikan kendaraan untuk proses pengiriman barang.

·      Dapat bekerja secara cepat dan tepat.

Gaji Staff Gudang

Gaji staff gudang di Indonesia memiliki kisaran yang beragam, tergantung kota perusahaan itu berada. Hal itu karena rata-rata gaji staff gudang bergantung pada upah minimum kota (UMK) tempat perusahaan atau gudang tersebut.

Jika dirata-rata, gaji staff gudang sekitar Rp3,9 juta per bulan. Namun untuk detailnya, berikut daftar gambaran gaji staff gudang menurut list UMK beberapa kota besar di Indonesia tahun 2022;

·      Kota Bandung: Rp 3.774.860,78

·      Kota Karawang: Rp4.798.312

·      Kota Bekasi: Rp 4.816.921,17

·      Jakarta: Rp 4.573.845

·      Bogor: Rp 4.330.249,57

·      Surabaya: Rp 4.375.479

·      Makassar: Rp 3.294.982

·      Semarang: Rp 2.835.021,29

Admin Warehouse Adalah?

Admin warehouse atau admin gudang merupakan orang yang bertanggung jawab atas pencatatan dan dokumentasi barang produksi dalam gudang. Perannya sangat penting dalam perdagangan dan manufakturing.

Dapat dikatakan, admin warehouse adalah seorang profesional yang sangat teliti dan memiliki keterampilan komputer untuk melakukan pendataan keluar masuknya barang dari atau menuju gudang. Sebab, sebagaimana diketahui bahwa gudang adalah pusat dari segala bentuk aktivitas logistik.

Tugas & Tanggung Jawab Admin Warehouse

Berikut beberapa tugas dari admin warehouse yang secara garis besar adalah bertanggung jawab atas pendataan barang di gudang.

Mencatat Distribusi Barang

Tugas seorang admin warehouse yang paling utama adalah mencatat setiap distribusi barang. Hal itu mengingat, gudang atau warehouse sendiri merupakan pusat dari penampungan barang produksi dan pembelian dari produsen lain sebelum akhirnya didistribusikan.

Memasukkan Data Inventaris

Seorang admin warehouse harus memiliki skill pengelolaan data menggunakan teknologi atau komputer. Hal itu karena ia akan bertugas memasukkan data inventaris ke program. Sebelumnya, admin gudang harus membuat laporan barang secara berkala hingga akhirnya diinventarisasi.

Memeriksa Stok Barang dan Melaporkannya

Pemeriksaan stok barang dan pelaporannya meliputi pengecekan barang, mulai dari barang masuk, barang dibongkar, dan pendistribusiannya.

Membuat Surat Jalan

Surat jalan adalah dokumen yang harus dibawa seorang sopir pengiriman ketika melakukan pengiriman barang dari gudang ke konsumen. Surat ini harus ditandatangani oleh pimpinan.

Memperbarui Barang yang Hampir Kedaluwarsa

Barang di dalam gudang sangat banyak sehingga sangat memungkinkan sebuah perusahaan kecolongan akan barang yang sudah expired atau kedaluwarsa. Maka dari itu, tugas admin warehouse adalah memastikan semua barang dalam kondisi aman melalui pencatatan masa kedaluwarsa.

Apa Saja Syarat Menjadi Admin Warehouse?

Untuk menjadi seorang admin gudang, terdapat kualifikasi dan syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari skill hingga latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Berikut beberapa contohnya:

·      Pendidikan minimal diploma.

·      Memiliki ketelitian, kecermatan, dan komunikasi yang bagus karena bertugas mengolah semua data mengenai produksi gudang.

·      Memiliki kemampuan dalam manajemen logistik.

·      Dapat bekerja sama dengan tim mengingat dalam lingkup industri logistik, kerja sama tim sangat dibutuhkan.

·      Dapat mengoperasikan perangkat lunak komputer yang berhubungan dengan pengolahan data seperti Microsoft Excel.

Gaji Admin Warehouse

Hampir sama dengan staff gudang, jika dirata-rata, gaji admin warehouse sekitar Rp3-4 juta per bulan. Namun angka tersebut Kembali lagi disesuaikan dengan UMK dari lokasi perusahaan masing-masing. Berikut daftar gambaran gaji admin warehouse menurut list UMK beberapa kota besar di Indonesia tahun 2022;

·      Kota Bandung: Rp 3.774.860,78

·      Kota Karawang: Rp4.798.312

·      Kota Bekasi: Rp 4.816.921,17

·      Jakarta: Rp 4.573.845

·      Bogor: Rp 4.330.249,57

·      Surabaya: Rp 4.375.479

·      Makassar: Rp 3.294.982

·      Semarang: Rp 2.835.021,29

Operator Warehouse Adalah?

Operator warehouse atau operator gudang bertugas mengoperasikan kinerja gudang bersama dengan tim administrasi gudang dan sebagainya. Menjadi seorang operator warehouse, seseorang harus berkomitmen dalam pemeliharaan sistem dan operasional, yang sekaligus memastikan sistem tersebut siap meraih target perusahaan.

Pada dasarnya, para staff gudang memang membutuhkan skill ketelitian yang tinggi. Namun, operator warehouse wajib memilikinya karena jobdesk-nya berkaitan dengan kesalahan dalam perhitungan stok.

Tugas & Tanggung Jawab Operator Warehouse

Seorang operator warehouse bertanggung jawab dengan menjaga kualitas dan kuantitas barang dalam gudang dengan baik, memastikan jumlah stok secara tepat, memastikan kesesuaian data di komputer dengan di lapangan, memastikan proses pengiriman berjalan tepat waktu, dan sebagainya.

Berikut beberapa bagian jobdesk dari tim operator warehouse secara garis besar:

Briefing pagi

Melakukan meeting pagi untuk memastikan operator mengetahui perencanaan kerja setiap harinya. Briefing pagi ini biasanya dipimpin oleh kepala gudang atau staff gudang dengan mengevaluasi setiap kesalahan yang terjadi di hari sebelumnya dan merencanakan sistem kerja pada hari itu.

Briefing memang tidak selalu dikerjakan setiap hari. Namun terdapat momen-momen penting yang mengharuskan dilakukan briefing seperti Ketika Harbolnas atau hari belanja online nasional, maka biasanya akan terjadi pembeludakan stok barang dan pengiriman ke konsumen. Saat ini terjadi, seorang operator warehouse harus semakin meningkatkan skill ketelitiannya dalam bekerja.

Quality Control (QC)

Ketika masuk ke gudang, barang tidak langsung diterima oleh receiver. Terdapat proses yang diibaratkan scanning atau filter untuk memastikan barang yang masuk benar, dalam kondisi yang bagus, dan tak kurang suatu apa pun.

Bagian ini dinamakan quality control (QC), bertugas mengecek terlebih dahulu barang sebelum masuk ke tim gudang yang lain.

Receiving

Menerima masuknya barang ke warehouse dari vendor maupun retur produksi. Pihak receiver biasanya menerima barang yang telah dicek oleh tim Quality Control (QC).

Stacker

Menyusun display barang dan menghafalkan nama-nama item yang ada di gudang.

Picker

Menyiapkan barang yang akan dikirimkan ke klien. Dalam hal ini, kinerja picker harus berkoordinasi dengan stacker. Picker bertugas mengambil barang atau picking di rak untuk diberikan ke petugas yang akan mengemas barang tersebut.

Checker

Mengecek atau memeriksa barang yang telah disiapkan oleh picker. Seorang checker dituntut untuk mengedepankan ketelitian dan kecermatan karena kalau sampai ada kesalahan saat pengecekan barang, akan salah pula pengiriman ke konsumen.

Selain pengecekan barang setelah dari picker, checker juga bertugas mengecek kesesuaian stok dan opname. Ketika akan melakukan penyesuaian stok opname di gudang, checker berperan sangat penting. Dengan adanya checker, keamanan kondisi dari setiap stok akan lebih terjamin karena sudah melalui filter berdasarkan kualitas setiap barang.

Dispatcher

Kata lainnya adlaah transporter, seorang yang bertugas melakukan pengiriman dari barang yang telah disiapkan dan melewati pengecekan secara ketat oleh checker. Dispatcher bertanggung jawab mengantarkan barang menuju packer, sebelum akhirnya diterima oleh konsumen.

Packer

Tak hanya picker, terdapat bagian yang dinamakan packer. Biasanya picker dan packer dikerjakan oleh satu tim, tapi tak jarang perusahaan memperkerjakan keduanya dalam bagian yang berbeda.

Barang yang sudah diambil oleh picker dan dicek checker, maka salanjutnya dispatcher akan mengantarkan barang tersebut ke packer. Tepatnya, tugas packer adalah mengepak barang dan memperhatikan keamanan pesanan yang sedang dikemas. Sebab, kemanan suatu barang hingga sampai ke tangan konsumen sangatlah penting karena seringkali terjadi faktor-faktor di luar masalah logistik yang dapat mengganggu jalannya distribusi.

Apa Saja Syarat Menjadi Operator Warehouse?

Sebagaimana yang telah dijelaskan, sebagian besar kerja operator warehouse berkaitan dengan fisik. Maka dari itu, untuk menjadi operator warehouse, alangkah lebih baik jika perhatikan beberapa syarat fisik dan nonfisik berikut ini:

·      Kuat mengangkat barang dengan berat hingga 35 kg secara aman dan efisien.

·      Kuat memindahkan barang yang berat hingga 80 kg.

·      Mampu bekerja dalam kondisi berdiri hingga 8 jam sehari.

·      Diutamakan yang dapat multitasking, yaitu tetap teliti dan memperhatikan meskipun dalam kondisi sibuk sekalipun. Hal ini karena arus warehouse yang cukup cepat, diperlukan ketelitian yang tinggi.

·      Biasanya tidak diperlukan latar belakang pendidikan yang terlalu tinggi.

·      Mengutamakan keamanan sebagai prioritas.

·      Memiliki tanggung jawab dan ketelitian yang tinggi.

·      Untuk beberapa jobdesk, diharuskan dapat mengoperasikan kendaraan untuk proses pengiriman barang.

·      Dapat bekerja secara cepat dan tepat.

Gaji Operator Warehouse

Perlu diketahui, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai gaji karyawan mereka. Namun untuk operator gudang, biasanya besaran angkanya akan disesuaikan dengan UMK daerah perusahaan tersebut berada. Maka dari itu, berikut data beberapa UMK kota-kota besar di Indonesia tahun 2022 sebagai gambaran:

·      Kota Bandung: Rp 3.774.860,78

·      Kota Karawang: Rp4.798.312

·      Kota Bekasi: Rp 4.816.921,17

·      Jakarta: Rp 4.573.845

·      Bogor: Rp 4.330.249,57

·      Surabaya: Rp 4.375.479

·      Makassar: Rp 3.294.982

·      Semarang: Rp 2.835.021,29

Kepala Gudang Adalah?

Kepala gudang adalah seorang pengawas atau penanggung jawab dari keseluruhan operasional gudang ataupun warehouse. Fungsi dari kepala gudang sendiri merencanakan, mengoordinasi, mengontrol, hingga mengevaluasi semua kegiatan yang menyangkut dengan penerimaan, penyimpanaan, penyediaan stok, hingga pengiriman barang.

Biasanya kepala gudang bertugas mulai dari merencanakan pengadaan dan pendistribusian bahan maupun hasil produksi, melakukan pengawasan laporan gudang, hingga memastikan ketersediaan barang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tugas & Tanggung Jawab Kepala Gudang

Karena memiliki peran paling tinggi dalam manajemen gudang, kepala gudang memiliki tanggung jawab dan tugas yang paling banyak. Mulai dari membuat planning pengadaan barang, mengawasi jalannya gudang, hingga bertanggung jawab akan setiap berjalannya proses kegiatan dalam gudang. Berikut beberapa tugas utama seorang kepala gudang:

Membuat Perencanaan

Perencanaan atau planning yang dibuat mulai dari perolehan barang, penyimpanan, hingga pendistribusian sampai ke tangan konsumen. Bagaimana barang dapat dibuat, disimpan, dan dikirim secara cepat dengan kualitas pengiriman yang baik.

Menjadi Pemimpin Staff Gudang

Staff gudang terdiri dari beberapa jenis pekerjaan dengan jobdesk masing-masing. Peran dari kepala gudang adalah menjadi pemimpin mereka dan memastikan tim bekerja sesuai dengan pekerjaan mereka serta berjalan dengan baik.

Mereka dalam hal ini termasuk staff gudang, admin warehouse, hingga operator warehouse dengan setiap detail jobdek-nya seperti receiver, stacker, picker, checker, hingga dispatcher.

Mengevaluasi Kegiatan

Setiap kegiatan logistik yang berada di dalam gudang harus dievaluasi agar jika terjadi kesalahan dapat dicarikan solusinya dan jika tidak, kepala gudang sebaiknya memikirkan inovasi-inovasi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan operasional gudang.

Misalnya jika terjadi kesalahan pengiriman ataupun kecacatan pada barang, maka seorang kepala gudang harus segera melakukan evaluasi hingga pertanggungjawaban ke pihak konsumen agar tidak mengurangi reputasi pelayanan yang dapat berdampak buruk di kemudian hari.

Melaksanakan SOP

Kepala gudang memiliki fungsi yang krusial yakni harus menjalankan SOP perusahaan agar mencapai target dan cita-cita utama. Maka dari itu, penting agar SOP berjalan dengan tepat dan jangan sampai melanggar aturan.

Mengecek Laporan Pengiriman

Tak hanya keempat tugas di atas, kepala gudang juga memiliki tugas tambahan yakni mengecek laporan pengiriman untuk memastikan tujuan barang dan barang yang ada di lokasi sama tanpa ada masalah apa pun.

Apa Saja Syarat Menjadi Kepala Gudang?

Untuk menjadi kepala gudang tentu bukan hal yang mudah, mengingat jabatan ini memerlukan pengalaman yang cukup dan kemampuan dalam bidang logistik yang mumpuni. Apa saja syarat agar dapat menjadi kepala gudang?

·      Pendidikan minimal SMK/D3 sederajat.

·      Memiliki pengalaman sebagai petugas admin di bidang logistik minimal 1 tahun.

·      Memiliki cukup pengetahuan di bidang warehouse maupun pendistribusian.

·      Dapat mengoperasikan software pengelolaan data.

·      Dapat bekerja keras dan memiliki skill leadership yang tinggi.

·      Memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan.

·      Jujur, teliti, cermat, dan disiplin selama bekerja.

·      Dapat mengatasi semua permasalahan dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Gaji Kepala Gudang

Gaji seorang kepala gudang berbeda-beda tergantung pada perusahaan tempat bekerja. Namun biasanya posisi kepala gudang mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan staf lain dalam gudang atau warehouse.

Dilansir dari berbagai sumber, rata-rata penghasilan kepala gudang di Indonesia adalah sebesar Rp3.295.241 per bulan untuk gaji pokok. Per Oktober 2022, berikut data kota dengan gaji terbesar di Indonesia untuk posisi kepala gudang:

·      Serang: Rp 7.610.625 per bulan

·      Bandung: Rp 5.152.119 per bulan

·      Tangerang: Rp 4.323.082 per bulan

·      Jakarta: Rp 5.390.969 per bulan

·      Bogor: Rp 5.211.638 per bulan

·      Surabaya: Rp 4.869.251 per bulan

·      Bekasi: Rp 4.586.819 per bulan

Perbedaan Staff Gudang dengan Admin Gudang

Seiring dengan banyaknya jenis pekerjaan di bidang logistik, banyak orang yang kurang dapat memahami perbedaan staff gudang dengan admin gudang.

Meski sama-sama menggunakan label ‘gudang' pada namanya, tetapi perlu dipahami bahwa keduanya hampir tumpang tindih dan cenderung tak sama.

Pada dasarnya staff gudang memiliki banyak jenis pekerjaan di dalamnya, yang mana admin gudang adalah salah satunya. Namun, tidak semua staff gudang adalah admin gudang.

Jika staff gudang berfokus pada pekerjaan lapangan dan berhubungan langsung dengan barang aslinya, sedangkan untuk admin gudang lebih dekat dengan data-data yang ada pada dokumen, laporan, ataupun software manajemen dan inventory.

Selain itu, staff gudang berfokus pada barang yang ada dalam gudang, sedangkan admin gudang mengurusi banyak hal, termasuk SDM di dalam gudang itu sendiri, surat jalan, dan sebagainya.

Perbedaan Admin Gudang dengan Admin Logistik

Admin logistik adalah seseorang yang bertugas melakukan pengadaan hingga menyediakan perlengkapan. Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan memiliki bagian admin logistik karena beberapa dapat di-back up oleh bagian administrasi gudang lainnya.

Peran admin logistik murni hanya terkait pengadaan barang. Seperti perencanaan kebutuhan barang di perusahaan, penyimpanan barang yang dicek secara berkala, pengadaan distribusi barang, penghapusan barang yang tidak lagi dibutuhkan, hingga pengecekan penggunaan.

Jika dibandingkan, tentu saja jobdesk-nya sangat berbeda dengan admin gudang yang mengerjakan banyak hal, mulai dari pemeriksaan stok, pencatatan distribusi barang, mengurus data inventaris, hingga mengurusi bagian SDM. Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki admin logistik, biasanya perannya dapat dikerjakan oleh bagian lain, termasuk admin gudang.

Tips Merekrut Staff Gudang yang Disiplin dan Berkualitas

Bagian staff gudang memiliki peran yang vital dalam distribusi barang dari tingkat produksi hingga dikirimkan ke konsumen. Maka dari itu, orang-orang yang direkrut bukanlah sembarangan karena harus benar-benar pihak yang bertanggung jawab.

Tak cukup itu, karena berurusan dengan barang fisik, staff gudang haruslah orang yang kuat dari segi tenaga dan fisik. Apalagi, mengingat tingkat turn-over pekerja gudang cukup tinggi, maka tips merekrut staff gudang yang disiplin dan berkualitas perlu dipertimbangkan.

Berikut 4 cara yang dapat dicoba untuk mendapatkan staff gudang yang sesuai dengan harapan dan bertanggung jawab:

1. Menyebutkan kualifikasi dan persyaratan yang mendetail di awal pembukaan lowongan pekerjaan.

2. Mengutamakan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja di gudang sebelumnya.

3. Mendapatkan pekerja dari referral pekerja yang sudah ada.

4. Menggunakan portal atau aplikasi pencarian karyawan yang terpercaya.

Pertanyaan Terkait Jobdesk Staff Gudang

Berikut beberapa pertanyaan terkait jobdesk staff gudang yang paling sering ditanyakan:

Apa yang Dimaksud dengan Jobdesk?

Jobdesk atau job description merupakan gambaran spesifik dari tanggung jawab, tugas, dan peran dari sebuah pekerjaan yang akan dilakukan oleh bagian tertentu. Dapat dikatakan bahwa jobdesk adalah catatan mengenai tugas yang akan dikerjakan oleh seorang karyawan sesuai wewenang seorang pekerja dan bersifat wajib.

Setiap bagian dalam bidang logistik misalnya, memiliki jobdesk yang berbeda-beda sesuai dengan bagian dalam pekerjaannya. Misalkan staff gudang yang memiliki jobdesk seperti menyimpan dan memproses pesanan produk, tentu berbeda dengan kepala gudang atau supervisor yang betugas mengawasi jalannya keseluruhan kegiatan di dalam gudang yang tidak hanya dilakukan oleh staff gudang saja, tetapi juga bagian lain mulai dari operator warehouse, admin gudang, dan sebagainya.

Pekerjaan staff Gudang seperti apa?

Staff gudang merupakan karyawan yang bertugas di dalam gudang atau warehouse dan bertanggung jawab atas berbagai jobdesc yang berhubungan dengan manajemen dan operasional gudang.

Terdapat beberapa jenis pekerjaan yang mengacu pada staff gudang, seperti admin gudang, operator gudang, staff gudang itu sendiri, serta kepala gudang atau supervisor. Masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan wewenang dari bagiannya.

Misalnya, staff gudang sendiri lebih berfokus pada ruang lingkup pekerjaan dalam memindahkan barang masuk dan keluar dari gudang. Staff gudang melakukan pekerjaan mulai dari pengemasan hingga distribusi ke konsumen, serta melacak inventarisasi barang menggunakan software inventory.

Apa Saja Manfaat Jobdesk Staff Gudang?

Apabila bisnis yang dijalankan adalah di bidang warehouse atau logistik, maka staff gudang akan memberi manfaat yang banyak dengan berbagai jobdesk yang dimilikinya.

Staff gudang pada dasarnya akan membantu perusahaan dalam memastikan pengiriman produk ke konsumen. Dalam hal ini, fungsi staff gudang untuk bisnis sangat krusial karena testimonials dari konsumen merupakan salah satu tolok ukur penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan.

Selain itu, jobdesk dari staff gudang mulai dari memindahkan, memindai, hingga mencatat inventaris produk dapat meningkatkan efisiensi, profit, dan kepuasan pelanggan. Sebab, kinerja dalam gudang menjadi lebih cepat dan teliti, serta dilakukan sesuai dengan ritme yang tepat.

Hal itu tentu tidak akan didapatkan jika sebuah perusahaan tidak merekrut staff gudang sesuai dengan kualifikasinya karena skill-skill yang dimiliki staff gudang sulit ditemukan pada pihak-pihak yang di bagian lain. Mengingat, tenaga dan ketelitian adalah faktor paling penting untuk seorang staff gudang.

Seberapa Penting Peran Staff Gudang di Warehouse?

Sebagaimana yang telah dijelaskan, peran staff gudang di dalam warehouse sangat penting dan krusial. Dapat dibayangkan jika sebuah warehouse dikendalikan oleh orang-orang yang tidak memenuhi kualifikasi sebagai staff gudang. Maka kemungkinan besar efisiensi dan efektivitas kerja akan sulit didapatkan, atau bahkan masalah yang justru muncul.

Pada dasarnya, keberadaan staff gudang adalah sebagai pekerja atau karyawan yang dituntut untuk mengurus setiap bagian terdetail hingga terkecil dalam sebuah warehouse. Maka dari itu, dibutuhkan skill yang mumpuni dan tanggung jawab kerja yang tinggi.

Dengan staff gudang yang terkualifikasi, cermat, dan bertanggung jawab, maka proses operasional dan manajemen gudang akan berjalan dengan baik, dalam mencapai cita-cita perusahaan. Mengingat barang yang harus diurus dalam warehouse sangatlah banyak, maka peran staff gudang juga sangat dibutuhkan.

Kesimpulan

Staff gudang merupakan pekerjaan yang berperan penting dalam sebuah perusahaan bidang logistik dan manufaktur. Apalagi melihat tren e-commerce yang semakin meningkat, lapangan pekerjaan sebagai staff gudang pun semakin banyak dan luas.

Namun, terdapat beberapa bagian dalam tim staff gudang yang memiliki jobdesc masing-masing. Mulai dari staff gudang sendiri yang bertugas memindahkan barang masuk dan keluar gudang; admin warehouse yang mengelola gudang mulai dari pencatatan arus barang masuk hingga keluar; operator warehouse yang bertugas proses keluar-masuk barang berjalan baik dan sebagai pihak yang turun langsung untuk menunaikan tugas itu; hingga kepala gudang yang bertugas sebagai pengawas dan penanggung jawab dari seluruh kegiatan dalam gudang.

Jika dirata-rata, gaji seorang staff gudang biasanya berkisar dari Rp3 juta atau lebih yang ditentukan oleh banyak faktor. Mulai dari jenis perusahaan, besar kecilnya perusahaan, hingga kota tempat perusahaan itu berada. Sebab, biasanya staff gudang akan digaji sesuai dengan UMK dari kota atau kabupaten tempat perusahaan berdiri.

Berperan penting dalam sebuah jalaannya operasioanal dan manajemen bisnis, rekrutment staff gudang harus dilakukan secara tepat agar pegawai yang didapatkan merupakan pihak yang disiplin, berkualitas, dan kompeten. Seperti lebih detail dan ketat dalam penyaringan hingga memanfaatkan portal dan aplikasi pencarian karyawan yang biasanya sudah dilengkapi dengan filter kualifikasi yang diharapkan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai staff gudang mulai deri pengertian hingga berbagai jobdesk, gaji, dan informasi detail di dalamnya.

Disclosure: I may receive affiliate compensation for some of the links below at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. This site is not intending to provide financial advice. This is for entertainment only.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 4 =