Arti Dibalik Warna Hijau, Efek psikologi, Serta Penggunaannya

Warna merupakan unsur penting dalam mengekspresikan diri disaat menyampaikan suatu pesan yang mungkin tidak dapat disampaikan hanya melalui lisan. Warna juga dapat menjadi simbol dari kebahagiaan dan perayaan, atau bisa juga mewakili kesedihan hingga kesendirian tergantung bagaimana seseorang menggunakannya dalam penyampaian pesan yang ia inginkan.Hijau merupakan salah satu warna dasar yang kaya akan arti serta beragam makna yang mampu menggerakkan hati seseorang yang melihatnya, berikut adalah Arti Dibalik Warna Hijau, efek psikologi, serta penggunaannya

Arti dibalik Warna Hijau

Arti Dibalik Warna Hijau, efek psikologi, serta penggunaannya
sumber unsplash

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya,warna hijau merupakan salah satu dari 3 warna dasar atau primer dalam kaidah RGB yang dapat menjadi penyusun warna-warna sekunder atau warna campuran jika dipadukan dengan warna dasar lainnya.

Arti dibalik Warna Hijau yang umumnya dirasakan dan dijelaskan oleh seseorang adalah perwakilan dari alam atau natural, relaks atau menenangkan, serta keberuntungan serta perayaan.

Namun, hijau juga dikenal sebagai warna yang mewakili sikap iri dan kecemburuan serta ketamakan akan kekayaan atau keserakahan di beberapa penjuru dunia lainnya.

Akan tetapi pada akhirnya, arti dan makna dari suatu warna adalah suatu persepsi yang berbeda-beda bagi setiap orang yang melihatnya maupun menggunakannya dalam karya seni.

Efek Psikologis Warna Hijau

menurut literatue yang dikeluarkan oleh sagepub.com, hijau dipercaya dapat memberikan efek menenangkan dan memberikan kreativitas lebih bagi seseorang dalam mengerjakan sesuatu.

efek warna hijau pada tanaman dan ketenangan
sumber SGS Indonesia

Dalam dunia hiburan dan layar kaca, dikenal istilah “green room” atau ruang hijau yang diartikan sebagi ruangan bagi tim produksi, artis serta produser untuk menenangkan diri dan rileks.

Hijau juga melambangkan sifat iri dan kecemburuan dalam sejarah yunani kuno, serta ketamakan dan keserakahan di dunia barat dikarenakan seringnya penggunaan warna hijau pada uang di film-film besar holywood.

Penggunaan Warna Hijau di Penjuru Dunia

efel warna hijau diseluruh dunia

Hijau kerap digunakan dalam kebudayaan islam terutama disaat perayaan-perayaan hari besar muslim karena dipercaya melambangkan kebahagiaan, perayaan, serta warna kesukaan dari Sang Nabi pembawa agama tersebut.

efek warna hijau pada perayaan
sumber Unsplash

Hijau juga menjadi salah satu warna yang wajib digunakan saat perayaan natal karena dipercaya melambangkan semangat, perayaan, dan keabadian Sang Kristus yang lahir pada hari itu.

efek warna hijau pada obat dan kesehatan

Dalam dunia industri obat, hijau dianggap memberikan efek ketenangan lebih bagi konsumen dikarenakan hijau memberikan kesan natural yang dapat diartikan obat-obatan tersebut lebih aman dan memiliki efek samping yang lebih sedikit.

menurut hallosehat saat mata kita melihat warna hijau, mata kita tidak perlu melakukan penyesuaian apapun sehingga mata kita akan lebih tenang dan nyaman.

dan oleh sebab itulah jika kita sering bekerja di depan layar maka kita dianjurkan untuk mengistirahatkan mata kita dengan melihat benda berwarna hijau.

itulah beberapa hal yang dapat MID Teknologi sampaikan mengenai Arti Dibalik Warna Hijau, efek psikologi, serta penggunaannya , semoga bermanfaat dan sampai jumpa

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment


Cari Provider Internet Terbaik?
Pakai Indihome
Diskon 70%
Daftar Indihome