Band 4G DI Indonesia

band-4g-di-indonesia
Spread the love

Band 4G dari masing-masing provider telekomunikasi di indonesia memiliki band 4g yang berbeda-beda seperti misalnya band 4g yang ada di telkomsel belum tentu tersedia di provider telekomunikasi Smartfren namun memang ada beberapa band 4g yang juga ada di masing-masing provider telekomunikasi di Indonesia salah satunya band 8, Untuk lebih detail kami akan uraiakan daftar band 4g masing-masing provider telekomunikasi di indonesia

daftar band 4g di indonesia

Band 4G Telkomsel

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 22,5 MHz FDD
  3. Band 8 (900 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  4. Band 40 (2300 MHz) sebesar 30 MHz TDD

telkomsel juga terus menambah band untuk meningkatkan kualitas jaringan untuk info lebih lanjut silahkan baca disini

Band 4G XL AXIATA

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 22,5 MHz FDD
  3. Band 8 (900 MHz) sebesar 7,5 MHz FDD

Band 4G INDOSAT OORDERO

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 20 MHz FDD
  3. Band 8 (900 MHz) sebesar 12,5 MHz FDD

Band 4G THREE

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 10 MHz FDD

Band 4G SMARTFREN

  1. Band 5 (850 MHz) sebesar 11 MHz FDD
  2. Band 40 (2300 MHz) sebesar 30 MHz TDD

Cara Cek Frekuensi 4g Di Daerah Kita

kita juga dapat melakukan cek frekuensi 4g di daerah kita yang bertujuan agar kita tidak salah melakukan setting frekuensi yang akan kita gunakan pada modem telkomsel orbit ataupun modem 4g yang kita miliki untuk melakukan cek frekuensi 4g kita dapat menggunakan aplikasi NetMonster aplikasi ini dapat kita download di playstore secara gratis, Berikut cara ceck frekuensi 4g di daerah kita menggunakan aplikasi Net Monster :

  1. Pasang kartu operator seluler yang kita gunakan seperti kartu telkomsel atau indosat
  2. Download Aplikasi NetMonster di Playstore dan Install
  3. Buka Aplikasi Netmonster
  4. Pada Aplikasi Netmonster akan terlihat frekuensi yang tersedia pada BTS Seluler di lokasi kita

Berikut Video tutorial cek frekuensi 4g menggunakan aplikasi Netmonster

kita dapat mengganti band 4g pada modem telkomsel orbit yang kita gunakan dengan menggunakan aplikasi huawei manager bagi anda yang belum punya aplikasinya silahkan klik download aplikasi huawei manager

untuk tutorial cara menggantinya silahkan tonton video dibawah ini

tutorial aplikasi huawei manager

Pada aplikasi huawei manager anda akan menemui beberapa parameter sinyal antara lain SINR,RSRP,RSRQ untuk lebih memahami parameter sinyal diatas kami akan uraikan sbb :

Definisi SINR,RSRP,RSRQ Sinyal 4G

Signal Quality (SINR)

Dalam jaringan 4G LTE, kualitas sinyal diukur sebagai SINR. Meningkatkan nilai SINR dapat berdampak drastis pada kecepatan koneksi anda. Cara terbaik untuk meningkatkan SINR adalah menggunakan antena Grid outdoor. Pointing yang bagus, atur ketinggiannya, kanan kirinya, nunduk/dongaknya.. karena antena grid sangat sensitif terhadap pointing. tapi kalau sudah dapat pointing yang pas hasilnya akan sangat bagus.

Jumlah Band yang Terhubung

Handphone atau modem keluaran terbaru bisa menggunakan multi band secara bersamaan untuk terhubung ke BTS. Ini dinamakan “Carrier Aggregation.” Semakin banyak band yang terhubung, B1+B3+B40 (900mhz+1800mhz+2300mhz) maka akan semakin tinggi kecepatan datanya. Mulailah beralih ke modem dengan spesifikasi Lte Cat6 keatas kalo mau mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi.

Kekuatan Sinyal (RSRP)

Banyak orang berpikir ini adalah faktor yang paling penting, tetapi sebenarnya enggak. Kekuatan sinyal (RSRP) di jaringan 4G LTE, memang penting. Tapi itu bukan faktor yang paling penting. Jika sinyal RSRP anda lebih kuat sekitar -90 dBm, maka sinyal yang lebih kuat (-80dbm) tidak akan berpengaruh banyak pada kecepatan data ketika nilai SINR nya rendah.

Kepadatan BTS

Semakin banyak pengguna di BTS, maka semakin rendah kecepatan internet anda. Logikanya seperti itu. Pada prakteknya dilapangan, kepadatan BTS bervariasi menurut pita frekuensi. Umumnya frekuensi yang lebih tinggi (2300MHz) memiliki kemampuan menembus bangunan lebih lemah dari pada frekuensi yang lebih rendah (900MHz/1800MHz). Sehingga umumnya tidak begitu banyak yang menggunakan karena jangkauannya yang tidak begitu jauh. Sedangkan frekuensi yang lebih rendah (900MHz/1800MHz) bisa dipastikan lebih padat penggunanya karena coveragenya lebih luas. Penggunaan antena outdoor yang mengarah langsung ke BTS dapat membantu anda mendapatkan akses frekuensi yang lebih sedikit penggunanya.

Dukungan MIMO

Baik BTS dan perangkat LTE (MODEM) biasanya menggunakan beberapa antena dalam konfigurasi yang disebut MIMO (Multiple Input Multiple Output). MIMO dapat meningkatkan kecepatan data anda sekitar 30%. Kebanyakan penguat sinyal atau antena yang ada dipasaran saat ini adalah SISO – “Single Input Single Output” ( Single Polarization) anda dapat memasang dua sistem antena secara paralel (Vertikal dan Horizontal) untuk mendapatkan efek dari MIMO. Tentunya anda membutuhkan antena MIMO dengan 2 pasang kabel antena.

Throttling atau Pembatasan

Jika anda menggunakan “MVNO” (Mobile Virtual Network Operator) seperti by.U, Switch, Live.On, MPWR dan semacamnya, maka anda akan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua di jaringan operator tersebut. Jadi wajar jika kualitas internet yang diberikan pun tidak sebagus kualitas Operator utamanya. Throttling atau pembatasan adalah proses di mana operator tidak memprioritaskan pengguna tertentu atau bahkan membatasi koneksi dan kualitas ping mereka ke kecepatan tertentu.

Dengan memahami paramater sinyal 4g di atas ini akan membantu kita ketika kita akan mengganti band 4g pada modem telkomsel orbit sehingga kita akan mudah memahami band 4g mana yang baik kita gunakan di lokasi kita, sebagai tamabahn saya juga lampirkan video cara melihat sinyal 4g di daerah kita guna membantu kita memilih band 4g yang bagus dan kuat di lokasi kita untuk tutorialnya silahkan simak video di bawah ini


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Daftar Vultr Gratis Saldo $100

X
Subscribe To Our Newsletter and Get 50% OFF
Join our newsletter and get 50% off your next purchase
Privacy Policy. This information will never be shared for third part
Subscribe Now!
Get 50% OFF
Join our newsletter and get 50% off your next purchase
Privacy Policy. This information will never be shared for third part
Subscribe Now!