Band 4G DI Indonesia

Band 4G Di Indonesia dari masing-masing provider telekomunikasi di indonesia memiliki band 4g yang berbeda-beda seperti misalnya band 4g yang ada di telkomsel belum tentu tersedia di provider telekomunikasi Smartfren namun memang ada beberapa band 4g yang juga ada di masing-masing provider telekomunikasi di Indonesia salah satunya band 8, Untuk lebih detail kami akan uraiakan daftar band 4g masing-masing provider telekomunikasi di indonesia

band 4g indonesia
daftar band 4g di indonesia

Apa itu Band 4G?

Band 4G adalah teknologi jaringan seluler generasi keempat yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada teknologi jaringan seluler sebelumnya. Teknologi ini memanfaatkan spektrum frekuensi tertentu untuk mentransmisikan data dalam bentuk sinyal radio. Dalam konteks Indonesia, beberapa jenis band 4G yang tersedia meliputi Band 1 (2100 MHz), Band 3 (1800 MHz), Band 5 (850 MHz), Band 7 (2600 MHz), Band 8 (900 MHz), dan Band 28 (700 MHz). Teknologi jaringan seluler generasi keempat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas online seperti streaming video, download file, atau bermain game online dengan lebih lancar dan stabil.

Band 4G Telkomsel

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 22,5 MHz FDD
  3. Band 8 (900 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  4. Band 40 (2300 MHz) sebesar 30 MHz TDD

telkomsel juga terus menambah band untuk meningkatkan kualitas jaringan untuk info lebih lanjut silahkan baca disini

Tonton Juga Video : Cara Pasang Kartu Lain Di Modem Orbit

Band 4G XL AXIATA

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 22,5 MHz FDD
  3. Band 8 (900 MHz) sebesar 7,5 MHz FDD

Tonton Juga Video : Cara Pasang Kartu XL DI Modem Telkomsel Orbit

Tonton Juga Video : Cara Pasang Kartu AXIS Di Modem Orbit

Band 4G INDOSAT OORDERO

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 20 MHz FDD
  3. Band 8 (900 MHz) sebesar 12,5 MHz FDD

Tonton Juga Video : Cara Pasang Kartu Indosat IM3 DI Modem Telkomsel Orbit

Band 4G THREE

  1. Band 1 (2100 MHz) sebesar 15 MHz FDD
  2. Band 3 (1800 MHz) sebesar 10 MHz FDD

Tonton Juga Video : Cara Pasang Kartu Tri Di Modem Telkomsel Orbit

Band 4G SMARTFREN

  1. Band 5 (850 MHz) sebesar 11 MHz FDD
  2. Band 40 (2300 MHz) sebesar 30 MHz TDD

Tonton Juga Video : Cara Pasang Smartfren DI Modem Telkomsel Orbit

Baca juga Artikel : 7+ Provider Internet Terbaik Untuk Di Rumah Dan kantor 2022

Cara Cek Frekuensi Band 4g Di Daerah Kita

kita juga dapat melakukan cek frekuensi 4g di daerah kita yang bertujuan agar kita tidak salah melakukan setting frekuensi yang akan kita gunakan pada modem telkomsel orbit ataupun modem 4g yang kita miliki untuk melakukan cek frekuensi 4g kita dapat menggunakan aplikasi NetMonster aplikasi ini dapat kita download di playstore secara gratis, Berikut cara ceck frekuensi 4g di daerah kita menggunakan aplikasi Net Monster :

  1. Pasang kartu operator seluler yang kita gunakan seperti kartu telkomsel atau indosat
  2. Download Aplikasi NetMonster di Playstore dan Install
  3. Buka Aplikasi Netmonster
  4. Pada Aplikasi Netmonster akan terlihat frekuensi yang tersedia pada BTS Seluler di lokasi kita

Berikut Video tutorial cek frekuensi 4g menggunakan aplikasi Netmonster

kita dapat mengganti band 4g pada modem telkomsel orbit yang kita gunakan dengan menggunakan aplikasi huawei manager bagi anda yang belum punya aplikasinya silahkan klik download aplikasi huawei manager

untuk tutorial cara menggantinya silahkan tonton video dibawah ini

Huawei Manager Orbit

tutorial aplikasi huawei manager

Pada aplikasi huawei manager anda akan menemui beberapa parameter sinyal antara lain SINR,RSRP,RSRQ untuk lebih memahami parameter sinyal diatas kami akan uraikan sbb :

Definisi SINR,RSRP,RSRQ Sinyal Dan Band 4G Di Indonesia

Signal Quality (SINR)

Dalam jaringan 4G LTE, kualitas sinyal diukur sebagai SINR. Meningkatkan nilai SINR dapat berdampak drastis pada kecepatan koneksi anda. Cara terbaik untuk meningkatkan SINR adalah menggunakan antena Grid outdoor. Pointing yang bagus, atur ketinggiannya, kanan kirinya, nunduk/dongaknya.. karena antena grid sangat sensitif terhadap pointing. tapi kalau sudah dapat pointing yang pas hasilnya akan sangat bagus.

Jumlah Band yang Terhubung

Handphone atau modem keluaran terbaru bisa menggunakan multi band secara bersamaan untuk terhubung ke BTS. Ini dinamakan “Carrier Aggregation.” Semakin banyak band yang terhubung, B1+B3+B40 (900mhz+1800mhz+2300mhz) maka akan semakin tinggi kecepatan datanya. Mulailah beralih ke modem dengan spesifikasi Lte Cat6 keatas kalo mau mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi.

Kekuatan Sinyal (RSRP)

Banyak orang berpikir ini adalah faktor yang paling penting, tetapi sebenarnya enggak. Kekuatan sinyal (RSRP) di jaringan 4G LTE, memang penting. Tapi itu bukan faktor yang paling penting. Jika sinyal RSRP anda lebih kuat sekitar -90 dBm, maka sinyal yang lebih kuat (-80dbm) tidak akan berpengaruh banyak pada kecepatan data ketika nilai SINR nya rendah.

Kepadatan BTS

Semakin banyak pengguna di BTS, maka semakin rendah kecepatan internet anda. Logikanya seperti itu. Pada prakteknya dilapangan, kepadatan BTS bervariasi menurut pita frekuensi. Umumnya frekuensi yang lebih tinggi (2300MHz) memiliki kemampuan menembus bangunan lebih lemah dari pada frekuensi yang lebih rendah (900MHz/1800MHz). Sehingga umumnya tidak begitu banyak yang menggunakan karena jangkauannya yang tidak begitu jauh. Sedangkan frekuensi yang lebih rendah (900MHz/1800MHz) bisa dipastikan lebih padat penggunanya karena coveragenya lebih luas. Penggunaan antena outdoor yang mengarah langsung ke BTS dapat membantu anda mendapatkan akses frekuensi yang lebih sedikit penggunanya.

Dukungan MIMO

Baik BTS dan perangkat LTE (MODEM) biasanya menggunakan beberapa antena dalam konfigurasi yang disebut MIMO (Multiple Input Multiple Output). MIMO dapat meningkatkan kecepatan data anda sekitar 30%. Kebanyakan penguat sinyal atau antena yang ada dipasaran saat ini adalah SISO – “Single Input Single Output” ( Single Polarization) anda dapat memasang dua sistem antena secara paralel (Vertikal dan Horizontal) untuk mendapatkan efek dari MIMO. Tentunya anda membutuhkan antena MIMO dengan 2 pasang kabel antena.

Throttling atau Pembatasan

Jika anda menggunakan “MVNO” (Mobile Virtual Network Operator) seperti by.U, Switch, Live.On, MPWR dan semacamnya, maka anda akan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua di jaringan operator tersebut. Jadi wajar jika kualitas internet yang diberikan pun tidak sebagus kualitas Operator utamanya. Throttling atau pembatasan adalah proses di mana operator tidak memprioritaskan pengguna tertentu atau bahkan membatasi koneksi dan kualitas ping mereka ke kecepatan tertentu.

Dengan memahami paramater sinyal 4g di atas ini akan membantu kita ketika kita akan mengganti band 4g pada modem telkomsel orbit sehingga kita akan mudah memahami band 4g mana yang baik kita gunakan di lokasi kita, sebagai tamabahn saya juga lampirkan video cara melihat sinyal 4g di daerah kita guna membantu kita memilih band 4g yang bagus dan kuat di lokasi kita untuk tutorialnya silahkan simak video di bawah ini

Cek Sinyal 4G

Apa Perbedaan LTE dan 4G?

Singkatnya, 4G dan LTE (Long-Term Evolution) adalah teknologi jaringan seluler generasi keempat (4G) yang sering digunakan secara bergantian. Namun, secara teknis, 4G dan LTE memiliki perbedaan.

4G adalah istilah umum yang merujuk pada teknologi jaringan seluler generasi keempat, yang memiliki kecepatan internet yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi sebelumnya (2G dan 3G). Pada umumnya, teknologi 4G memungkinkan kecepatan download dan upload data hingga beberapa ratus Mbps, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan lebih cepat dan lebih stabil.

Sementara itu, LTE adalah salah satu teknologi jaringan seluler generasi keempat (4G) yang dikembangkan secara spesifik untuk mengatasi beberapa keterbatasan teknologi 4G yang lebih awal. LTE memungkinkan kecepatan internet yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik, dengan kecepatan download dan upload data yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi 4G yang lebih awal.

Dalam praktiknya, teknologi LTE sering dianggap sebagai bentuk lanjutan dari teknologi 4G, dan banyak operator seluler yang memasarkan layanan 4G mereka sebagai layanan LTE. Singkatnya, 4G dan LTE adalah istilah yang sering digunakan secara bergantian untuk merujuk pada teknologi jaringan seluler generasi keempat, dan kedua istilah ini sering mengacu pada hal yang sama.

Apa itu LTE dan VOLTE?

LTE (Long-Term Evolution) adalah teknologi jaringan seluler nirkabel yang digunakan untuk menyediakan koneksi internet nirkabel yang lebih cepat dan stabil. LTE memungkinkan kecepatan download dan upload data yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, seperti 2G dan 3G.

VoLTE (Voice over LTE) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan LTE, menggunakan koneksi data internet nirkabel, alih-alih menggunakan teknologi 2G atau 3G yang biasanya digunakan untuk panggilan suara. VoLTE memiliki kecepatan dan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan teknologi panggilan suara sebelumnya, serta memungkinkan pengguna untuk mengakses data internet nirkabel selama melakukan panggilan.

Dalam singkatnya, LTE adalah teknologi untuk menyediakan koneksi internet nirkabel yang lebih cepat dan stabil, sementara VoLTE adalah teknologi untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan LTE dengan kualitas suara yang lebih baik.

Perbedaan LTE dengan VOLTE

Perbedaan antara LTE (Long-Term Evolution) dan VoLTE (Voice over LTE) adalah sebagai berikut:

  • LTE adalah teknologi untuk menyediakan koneksi internet nirkabel yang lebih cepat dan stabil, sehingga kecepatan download dan upload data dapat mencapai puluhan hingga ratusan Mbps, tergantung pada kondisi jaringan dan perangkat yang digunakan.
  • VoLTE adalah teknologi untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan LTE, menggunakan koneksi data internet nirkabel. Kecepatan panggilan suara VoLTE bergantung pada kualitas jaringan dan perangkat yang digunakan, namun secara umum, VoLTE memiliki kecepatan dan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi panggilan suara sebelumnya (2G dan 3G).

Dalam kesimpulannya, LTE lebih menonjol pada kecepatan internet nirkabel yang tinggi, sementara VoLTE lebih menonjol pada kualitas suara panggilan yang lebih baik.

Pertanyaan Terkait Band 4G indonesia

Apa itu H+ Pada Jaringan?

H+ pada jaringan merujuk pada teknologi jaringan seluler yang disebut sebagai Evolved High-Speed Packet Access (HSPA+). HSPA+ merupakan teknologi jaringan seluler generasi ke-3.5 (3.5G) yang merupakan pengembangan dari teknologi HSPA (High-Speed Packet Access). Teknologi HSPA+ dapat memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi daripada teknologi HSPA, dengan kemampuan download mencapai hingga 21 Mbps dan kemampuan upload mencapai 5,76 Mbps.
Jaringan HSPA+ sendiri telah banyak diterapkan di Indonesia oleh beberapa provider seluler. Namun, saat ini, teknologi HSPA+ telah mulai digantikan oleh teknologi jaringan seluler generasi keempat (4G) yang menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi lagi, terutama dalam hal kecepatan download dan upload.

LTE 1800 Band Berapa?

LTE 1800 merujuk pada teknologi jaringan seluler generasi keempat (4G) yang menggunakan frekuensi 1800 MHz. Di Indonesia, frekuensi 1800 MHz digunakan oleh Band 3 dalam jaringan 4G LTE, sehingga LTE 1800 dapat disebut juga sebagai LTE Band 3. Beberapa provider seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Tri Indonesia menggunakan frekuensi ini untuk memberikan layanan 4G kepada pelanggan mereka. Teknologi jaringan 4G dengan frekuensi 1800 MHz ini dapat memberikan kecepatan download yang tinggi, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas online dengan lebih lancar dan cepat.

4.5G Band Berapa?

4.5G merupakan teknologi jaringan seluler generasi keempat (4G) yang merupakan pengembangan dari teknologi 4G LTE. Teknologi 4.5G ini juga dikenal dengan sebutan LTE Advanced atau LTE-A.

Di Indonesia, teknologi 4.5G menggunakan beberapa jenis band, tergantung dari provider seluler yang menyediakan layanan tersebut. Beberapa jenis band yang digunakan dalam teknologi 4.5G di Indonesia antara lain:

Band 3 (1800 MHz)
Band 5 (850 MHz)
Band 40 (2300 MHz)
Band 41 (2600 MHz)

Namun, tidak semua provider seluler di Indonesia menyediakan layanan 4.5G dengan semua jenis band di atas. Sebagai contoh, Telkomsel menyediakan layanan 4.5G menggunakan Band 3 dan Band 5, sedangkan XL Axiata menyediakan layanan 4.5G menggunakan Band 3

Band 40 Frekuensi berapa?

Band 40 pada jaringan seluler merujuk pada frekuensi 2300 MHz. Band frekuensi ini sering digunakan oleh operator seluler di Indonesia untuk menyediakan layanan jaringan seluler generasi keempat (4G). Jaringan 4G dengan Band 40 dapat memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi, terutama dalam hal kecepatan download dan upload. Beberapa operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata menggunakan Band 40 untuk menyediakan layanan 4G mereka kepada pelanggan.

Apa itu 1800 MHz?

1800 MHz adalah salah satu frekuensi radio yang digunakan dalam komunikasi nirkabel. Di sektor telekomunikasi, frekuensi ini banyak digunakan sebagai salah satu pita frekuensi dalam layanan jaringan seluler generasi keempat (4G) yang dikenal sebagai LTE (Long-Term Evolution). Frekuensi 1800 MHz digunakan sebagai bagian dari beberapa band frekuensi LTE di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa provider seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Tri Indonesia menggunakan frekuensi ini untuk memberikan layanan jaringan seluler 4G kepada pelanggan mereka. Frekuensi 1800 MHz dianggap cocok untuk jaringan seluler karena memiliki kemampuan untuk menyebar ke area yang lebih luas dibandingkan dengan frekuensi yang lebih tinggi, tetapi masih mampu memberikan kecepatan internet yang cepat dan stabil.

2100 MHz band berapa?

2100 MHz termasuk dalam frekuensi yang digunakan oleh jaringan seluler 3G (atau sering disebut UMTS), khususnya untuk penyedia layanan seluler GSM. Dalam klasifikasi band frekuensi seluler, 2100 MHz termasuk ke dalam band UMTS Band 1 atau disebut juga AWS (Advanced Wireless Services) Band 1. Band ini mencakup rentang frekuensi dari 1920 MHz hingga 2170 MHz.

Apa bahasa indonesia LTE?

Dalam bahasa Indonesia, singkatan LTE (Long-Term Evolution) dapat diterjemahkan sebagai Evolusi Jangka Panjang. Namun, biasanya istilah LTE tetap digunakan tanpa diterjemahkan karena lebih dikenal secara umum di kalangan masyarakat teknologi dan telekomunikasi.

Kesimpulan

Band 4G di Indonesia mencakup berbagai rentang frekuensi, seperti 700 MHz, 1800 MHz, 2300 MHz, dan 2600 MHz, yang digunakan oleh penyedia layanan seluler untuk menyediakan koneksi internet nirkabel yang lebih cepat dan stabil.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah meluncurkan jaringan 4G yang semakin luas dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga semakin banyak orang yang dapat menikmati manfaat dari teknologi jaringan seluler generasi keempat ini, termasuk koneksi internet yang lebih cepat, akses ke aplikasi dan konten digital, serta pengalaman pengguna yang lebih lancar dan responsif.

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

1 thought on “Band 4G DI Indonesia”

  1. Di daerah Jawa timur khususnya kab Jember kec Tempurejo dan kec silo perbatasan desa Sanenrejo dan desa Mulyorejo untuk jaringan internet kurang sama sekali bahkan tidak ada jaringan sayang sekali agar lebih maju dan bisa di rasakan oleh kalangan masyarakat di area plosok plosok lebih di tingkatkan lagi supaya bisa di nikmati biar gak dikatakan krisis energi atau miskin teknologi

    Reply

Leave a Comment


Cari Provider Internet Terbaik?
Pakai Indihome
Diskon 70%
Daftar Indihome