Cara Membuat Kabel Cross Over Beserta Gambar

Membuat Kabel Cross Over – kali ini MID Teknologi akan membahas cara membuat kabel lan/utp cross-over beserta gambar. Kabel utp adalah salah satu media transmisi yang paling sering kita gunakan. Biasanya ia digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan perangkat lainnya dalam jaringan komputer atau menghubungkan jaringan telephone.

Untuk informas bagi anda, ada 3 jenis kabel lan yang bisa kita temui, yaitu kabel straight, cross-over dan roll over.

kabel cross-over sendiri digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama, seperti hub ke hub, switch ke switch,dll.

Urutan kabel Cross-over

yang membedakan dari ketiga jenis diatas hanyalah urutan kabel penyusunnya. kabel cross over memiliki urutan kabel yang berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya.

cara membuat kabel cross-over

Urutan Pada Konektor Pertama, yaitu:

Untuk urutan pada konektor pertama, sama seperti kabel straight yang mana susunan dan urutan kabelnya sama, dengan demikian urutannya konektor pertama seperti berikut;

  1. putih orange
  2. orange
  3. putih hijau
  4. biru
  5. putih biru
  6. hijau
  7. putih coklat
  8. coklat

Urutan Pada Konektor Kedua, yaitu;

Untuk urutan pada konektor kedua, memiliki perbedaan yang mana urutan kabelnya tidak sama dengan konektor pertama, dengan demikian urutannya konektor kedua seperti berikut;

  1. putih hijau
  2. hijau
  3. putih orange
  4. biru
  5. putih biru
  6. orange
  7. putih coklat
  8. coklat

Selengkapnya: urutan warna kabel LAN Cross-over

Setelah mengetahui urutan dan susunan kabel lan cross over maka selanjut nya kita mempersiapkan peralatan yang harus di persiapkan sebagai berikut.

Cara Membuat Kabel Cross Over

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kabel cross over

Ada beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kabel lan cross over, diataranya:

1. Kabel UTP

Kabel UTP – Unshielded Twisted Pair suatu kabel yang dapat dipakai untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer yang berfungsi sebagai transmisi data. Kabel UTP memiliki 8 Warna.

kabel utp

2. Connector RJ45

Connector RJ 45 – Merupakan konektor kabel erthernet yang mana memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer lan dan topologi jaringan lainnya. Konektor RJ45 memiliki 8 Pin.

konektor rj-45

3. Crimping Tool

Crimping Tool – Merupakan alat pemotong khusus untuk kabel lan, kabel telpon taupun kabel listrik. Criping tool ini bisa dikatakan tang multi fungsi yang bisa di gunakan untuk intasasi jaringan lan, instalagi telpon dan instalasi listrik. Criping tool ini memiliki 1 port untuk konektor RJ45, 1 port untuk konektor RJ11, dan pisau pemotong.

cara membuat kabel straight dan cross beserta gambar

4. Lan Tester

Lan Tester – Merupakan alat tester untuk menguji sambungan kabel lan yang telah terpasang RJ45 ataupun RJ11. Lan Tester memiliki 1 port untuk menguji RJ45 dan 1 port untuk menguji RJ11.

lan tester

5. Gunting (opsional)

Gunting (opsional) – Merupakan opsional untuk memotong kabel atau untuk memotong lainnya yang dapat membantu proses pembuatan kabel cross over, Jika Ada.

tutorial membuat kabel straight

Langkah-langkah membuat kabel straight

1.sesuaikan panjang kabel lan yang akan digunakan serta sisakan panjang kira-kira 1-2cm.

potong kabel lan/utp

2.kupas bagian luar kabel lan sebanyak kabel yang disisakan(1-2cm) Menggunakan crimping tool/gunting (pastikan inti kabel tidak terpotong)

3.setelah bagian luar berhasil tercopot, luruskan semua inti kabel sesuai dengan urutan kabel straight (putih orange-orange-putih hijau-biru-putih biru-hijau-putih coklat-coklat).

4.setelah seluruh kabel lurus sesuai dengan urutannya, sekarang waktunya kita memotong kabelnya agar sama rata. gunakan crimping tool agar hasilnya lurus dan rata.

5.setelah itu masukan urutan kabel tersebut ke dalam slot RJ-45 dengan hati-hati, pastikan seluruh ujung kabel menempel pada ujung slot rj-45.

6.terakhir kita jepit kepala RJ-45 menggunakan crimping toolm hingga semua kabel terjepit dengan sempurna.

7.lakukan hal yang sama pada ujung lainnya namun dengan urutan cross yaitu(putih hijau-hijau-putih orange-biru-putih biru-orange-putih coklat-coklat).

8.setelah semua selesai kita bisa mengetest apakah kabel yang kita buat sesuai dengan yang diharapkan menggunakan lan tester. colokan kedua ujung kabel lan tadi ke slot master dan remote pada lan tester berikutnya klik tombol on. jika urutan lampu seperti video diatas, maka kabel cross-over siap untuk digunakan.

baca juga: cara membuat kabel straight

itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat kabel utp cross-over, semoga bermanfaat

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment


Cari Provider Internet Terbaik?
Pakai Indihome
Diskon 70%
Daftar Indihome