Cara Membuat Kabel Straight Beserta Gambar

cara-membuat-kabel-straight-beserta-gambar
Spread the love

sekarang, MID Teknologi akan membahas bagaimana cara membuat kabel straight untuk media transmisi jaringan komputer.

salah satu tugas yang pasti di temui oleh semua siswa teknik jaringan adalah membuat jaringan komputer. untuk membuatnya, kita memerlukan kabel straight dan kabel cross over.

keduanya sama sama dibuat dari kabel utp dan connector rj-45 namun memiliki susunan kabel yang berbeda. perbedaan susunan kabel ini juga berpengaruh terhadap kegunaannya.

fungsi kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda seperti switch ke hub, hub ke pc, dsb.

lalu, bagaimana cara membuat kabel straight? mari kita bahas.

Urutan kabel Straight

sebelum kita membuatnya, pertama kita harus tahu dulu apa saja urutan/seri dari kabel straight.

urutan kabel straight

kabel straight memiliki urutan yang sama di kedua ujungnya yaitu

  1. putih orange
  2. orange
  3. putih hijau
  4. biru
  5. putih biru
  6. hijau
  7. putih coklat
  8. coklat

Selengkapnya: urutan warna kabel LAN Straight

Cara membuat kabel straight

bahan dan alat membuat kabel straight

ada beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kabel lan straight, diataranya:

1. Kabel UTP

Kabel UTP adalah kabel khusus untuk topologi jaringan lan yang mana berguna untuk menghubung atau transmisi data pada sebuah jaringan. Kabel UTP merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair, dimana kabel utp ini memiliki 8 warna kabel di dalamnya.

kabel utp

2. Connector RJ-45

Connector RJ-45 adalah konektor yang berguna untuk menghubungkan kabel lan. RJ-45 merupakan konektor yang sangat beguna dalam membuat topologi jaringan supaya mudah di cabut dan mudah di pindah-pindah tanpa hawatir tersengat aliran listrik. Di dalam transmisi data sebuah jaringan, konektor ini sebagai penghubung antar kabel lan yang memiliki 8 pin.

konektor rj-45

3. Crimping Tool

Crimping Tool adalah suatu alat potong yang berguna untuk membuat sebuah kabel jaringan lan. Umumnya Criping tool ini digunakan untuk pemotong kabel dalam instalagi jaringan lan dan instalasi listrik. Criping tool ini juga sering di sebut sebagai tang potong atau tang penjepit RJ-45 dan RJ-11.

cara membuat kabel straight beserta gambar

4. Lan Tester

Lan Tester adalah alat untuk mengetahui sambungan kabel LAN RJ-45 dan RJ-11 sudah benar, apa ada kesalahan, ataupun tidak terhubung. Dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita mengetahui kebenaran dalam pembuatan kabel lan RJ-45 dan RJ-11. Lan Tester ini memiliki 2 port tester, yaitu; 1 port untuk tester Lan RJ-45 dan 1 port lagi untuk tester kabel telepon.

cara membuat kabel utp

5. Gunting

Gunting adalah alat pemotong yang digunakan untuk memotong bahan yang tipis. Di sini gunting hanyalah sebagai alat bantu dalam pembuatan topologi jaringan untuk memotong kabel ataupun memotong yang lainnya.

tutorial membuat kabel straight

Langkah-langkah membuat kabel straight

1. Sesuaikan Panjang Kabel

Sesuaikan panjang kabel lan yang akan digunakan serta sisakan panjang kira-kira 1-2cm.

potong kabel lan/utp

2. Kupas Bagian Luar Kabel

Kupas bagian luar kabel lan sebanyak kabel yang disisakan(1-2m) Menggunakan crimping tool/gunting (pastikan inti kabel tidak terpotong)

3. Luruskan Semua Inti Kabel

Setelah bagian luar berhasil tercopot, luruskan semua inti kabel sesuai dengan urutan kabel straight (putih orange-orange-putih hijau-biru-putih biru-hijau-putih coklat-coklat).

4. Memotong Kabel Sama Rata

Setelah seluruh kabel lurus sesuai dengan urutannya, sekarang waktunya kita memotong kabelnya agar sama rata. gunakan crimping tool agar hasilnya lurus dan rata.

5. Masukkan RG-45 ke Slot Criping Tool

Setelah itu masukan urutan kabel tersebut ke dalam slot RJ-45 dengan hati-hati, pastikan seluruh ujung kabel menempel pada ujung slot rj-45.

6. Jepit RJ-45 Menggunakan Cripingtool

Terakhir kita jepit kepala RJ-45 menggunakan crimping tool hingga semua kabel terjepit dengan sempurna. Lakukan hal yang sama pada ujung yang lain.

7. Tester Kabel Lan

Sekarang kita coba masukkan ke port 1 dan port 2 apakah sambungan kabel yang kita buat itu sudah sempurta apa belum. Dalam memastikan kesempurnaan pembuatan kabel di lihat dari lampu indikator yang akan menyala berurutan sesuai dengan warna. Jika lampu indikator tidak berurutan atau tidak menyala berarti ada kesalahan dalam penyusunan kabel atau saat pemasangan RG-45 tidak sempurna.

Setelah semua selesai kita bisa mengetest lagi apakah kabel yang kita buat sesuai dengan yang diharapkan menggunakan lan tester. colokan kedua ujung kabel lan tadi ke slot master dan remote pada lan tester berikutnya klik tombol on. Jika seluruh lampu indikator menyala bersamaan mulai dari 1-8 maka kabel sudah siap digunakan.

baca juga : cara membuat kabel cross-over

itulah cara membuat kabel lan straight, semoga bermanfaat.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Daftar Vultr Gratis Saldo $100

X
Subscribe To Our Newsletter and Get 50% OFF
Join our newsletter and get 50% off your next purchase
Privacy Policy. This information will never be shared for third part
Subscribe Now!
Get 50% OFF
Join our newsletter and get 50% off your next purchase
Privacy Policy. This information will never be shared for third part
Subscribe Now!