Pengertian Entitas Dalam Basis Data, Ciri-ciri, Jenis, dan Attributnya

Pengertian entitas dalam basis data jenis, attribut, Ciri – Dalam ilmu basis data, kita mengenal beberapa istilah seperti entitas, atribute dan relasi, namun apa pengertian dari entitas? mari kita bahas.

Pengertian Entitas

Apa itu entitas?Pengertian Entitas atau entity didalam database adalah benda,orang,tempat,unit,objek atau hal lainnya yang mempresentasikan data, dan tersebut akan disimpan ke dalam pangkal data.

beberapa properti entitas data mewakili hubungan antar entitas lain, contohnya entitas ‘pekerjaan' dapat memiliki properti ‘klien' yang merujuk padaa entitas ‘klien' sehingga ketika anda membuat pekerjaan baru maka anda bisa memilih klien yang terhubung dengan pekerjaan tersebut.

baca: apa itu data science

setiap entitas terdiri dari beberapa atribut cotohnya entitas karyawan maka memiliki atribut nama_karyawan,alamat,dan id.

setiap entitas memerlukan atribut kunci utama (primary key) atau kunci asing (foreign key). kunci utama adalah sebuah atribut yang unik alias isinya tidak boleh sama dalam satu atribut, misalkan entitas siswa memiliki atribut NIS.

baca: apa itu data scientist

Maka NIS tersebut tidak boleh sama untuk semua siswa, misalnya ahmad memiliki NIS 12345 maka untuk andi harus memiliki NIS yang berbeda dengan ahmad atau siswa lainnya.

sedangkan foreign key adalah sebuah primary key entitas lain yang diambil ke dalam entitas baru.

perbedaan antara foreign key dan primary key

perhatikan gambar diatas, atribut berwarna hijau melambangkan Primary key sedangkan merah melambangkan Foreign key.

Entitas artist dan genre memiliki satu atribut primary key yaitu id. sedangkan entitas Recordingperlu memanggil kedua entitas tersebut. maka yang diperlukan entitas recording adalah membuat atribut foreign key untuk keduanya yang nantinya akan di isi primary key entitas yang bersangkutan.

Penulisan entitas yang baik.

  • entitas yang baik melambangkan sesuatu yang ada di dunia nyata misalnya pekerjaan,hewan, jabatan, tiket,dll.
  • nama satu entitas dengan entitas lainnya di dalam satu pangkal data tidak boleh sama.
  • penamaan suatu entitas sebaiknya deskriptif agar mudah dimengerti
  • menggunakan alfabet (A-Z), angka(0-9) atau karakter( ! # ‘ $ & ( ) * + , – . / : ; =  < > ? [ ] ^. )

Entitas Lemah dan Kuat

di dalam ilmu data entitas dibedakan menjadi 2 yaitu entitas lemah dan entitas kuat yaitu:

  • Entitas Kuat :entitas kuat adalah entitas yang keberadaanya tidak bergantung pada himpunan entitas lainnya.
  • Entitas Lemah: entitas lemah adalah entitas yang keberadaannya bergantung pada himpunan entitas lain, misalnya: entitas pembelian bergantung pada entitas produk dan entitas pembeli.

Entitas akan sangat berguna didalam database atau data warehouse,Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian entitas dalam basis data jenis, attribut, Ciri. sampai jumpa.

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

1 thought on “Pengertian Entitas Dalam Basis Data, Ciri-ciri, Jenis, dan Attributnya”

Leave a Comment


Cari Provider Internet Terbaik?
Pakai Indihome
Diskon 70%
Daftar Indihome