Perbedaan Cloud VPS Dengan VPS Klasik

perbedaan cloud vps dengan vps klasik

Saat ini perkembangan teknologi virtualisasi semakin berkembang mulai banyak sekali perusahaan tekologi yang beralih dari sebelumnya menggunakan teknologi virtualisasi vps server migrasi menggunakan teknologi cloud VPS, namun masih banyak yang bingung mengenai apa perbedaan cloud vps dengan vps klasik.

Pada artikel ini kita akan membahas perbedaaan cloud vps dengan vps tradisional atau biasa disebut vps klasik.

Apa saja Perbedaan Utama Cloud VPS Dengan VPS Klasik?

Terdapat 3 faktor utama perbedaan antara cloud vps dengan vps klasik yaitu:

  • Scalability
  • High Availability
  • Dan Custom Infrastruktur

1. Scalability

Perbedaan Scalability Cloud VPS dengan VPS Klasik
Perbedaan Scalability Cloud VPS dengan VPS Klasik

Kekurangan terbesar saat menggunakan VPS klasik adalah tidak dapat di scale sedangkan cloud vps dapat di scale baik itu untuk menigkatkan resource ataupun menurunkan resource seperti menambah jumlah RAM, CPU dan Disk sehingga cloud vps akan sangat lebih baik saat menangani lonjakan trafick pada vps server anda

2. High Availability

high availability cloud vps dan vps klasik
high availability cloud vps dan vps klasik

Dari segi high availability cloud vps sangat jauh lebih bagus dibandingkan vps klasik mengapa demikian? karena dari segi infrastruktur cloud vps adalah kumpulan dari beberapa CPU yang resourcenya di gabungkan menjadi satu kesatuan sedangkan VPS klasik adalah satu server fisik yang resourcenya dibagi-bagi sehingga jika cpu tersebut mengalami gangguan otomatis seluruh vps akan terganggun, namun jika anda menggunakan cloud vps jika satu cpu mengalami gangguan cloud anda tetap aman karena masih bisa berjalan menggunakan cpu lainnya.

Jika anda membutuhkan high availability yang baik maka kami sangat merekomendasikan anda menggunakan cloud vps dibandingkan vps klasik

Baca juga : 7+ Cloud VPS Terbaik Di Indonesia

3. Custom Infrastructur

custom infrastruktur cloud vps dan vps biasa
custom infrastruktur cloud vps dan vps biasa

dari segi custom infrastruktur dan resource cloud vps lebih flexible dibandingkan vps klasik dimana dengan menggunakan cloud vps kita dapat mengatur sendiri berapa kebutuhan RAM, CPU Dan Disk bahkan saat ini sudah banyak penyedia cloud vps yang menyediakan auto scalling sehingga resource cloud servernya akan otomatis naik dan turun mengikuti beban dan trafick pada vps tersebut

Tonton Juga : Review Performance Cloud VPS

Apa itu Cloud Server?

Server cloud adalah jenis server yang berjalan pada platform komputasi awan. Jenis server ini memberi pengguna sumber daya yang fleksibel, dapat di scale, dan hemat biaya untuk bisnis mereka.

Server cloud di-host di lingkungan tervirtualisasi, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi dan data mereka dari mana saja dengan koneksi internet.

Server cloud memiliki banyak keunggulan dibandingkan server fisik tradisional, seperti peningkatan keandalan, skalabilitas, dan fleksibilitas.

Layanan Cloud Server juga menyediakan berbagai fitur kepada pengguna, seperti deploy di banyak datacenter, backup otomatis dan scale resource RAM, Disk hingga CPU. Server cloud dapat digunakan untuk berbagai tugas termasuk hosting situs web, menjalankan aplikasi, dan menyimpan data.

Apa itu VPS Server?

VPS (Virtual Private Server) adalah jenis server yang memungkinkan hosting situs web dan aplikasi dalam lingkungan tervirtualisasi. VPS dibuat dengan mempartisi server fisik menjadi beberapa server virtual, yang masing-masing dapat di-boot ulang secara independen dan diakses melalui akses jarak jauh yang aman.

VPS memberikan kontrol lebih besar daripada shared hosting, tetapi lebih kecil daripada dedicated server. VPS dapat digunakan untuk meng-host situs web, menjalankan aplikasi, dan menyimpan data dengan aman.

Baca Juga : Cara Daftar VULTR(Bonus Saldo $100)

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis layanan web hosting yang menggunakan banyak server dalam jaringan terdistribusi untuk menghosting situs web, aplikasi, dan layanan terkait lainnya. Jaringan cloud dibuat dengan menghubungkan beberapa server yang terletak di lokasi fisik yang berbeda melalui internet. Hal ini memungkinkan skalabilitas dan keandalan yang lebih besar daripada solusi hosting server tunggal tradisional karena jika satu server mati, yang lain dapat mengambil kendur.

Cloud hosting juga menawarkan lebih banyak fleksibilitas karena pengguna dapat meningkatkan sumber daya sesuai permintaan berdasarkan kebutuhan mereka. Cloud hosting menjadi semakin populer karena efektivitas biaya dan kemampuannya untuk menyediakan berbagai layanan.

FAQ : Cloud VPS vs VPS Klasik

Apakah cloud vps aman?

Cloud VPS, atau Virtual Private Server, umumnya dianggap aman. Ini karena mereka menggunakan teknologi virtualisasi yang mengisolasi setiap data dan aplikasi pelanggan dari pelanggan lain. Selain itu, server Cloud VPS biasanya menyediakan berbagai langkah keamanan seperti firewall, perangkat lunak antivirus, pemindaian malware, dan sistem deteksi intrusi yang membantu melindungi data dan aplikasi pelanggan. Namun, tingkat keamanan tergantung pada penyedia yang Anda pilih, jadi penting untuk meneliti opsi Anda sebelum memutuskan layanan hosting VPS cloud.

Sebutkan perbedaan utama vps dengan hosting?

Perbedaan utama antara VPS (Virtual Private Server) dan hosting adalah VPS memberikan resource ke pada penggunanya tanpa dibagi-bagi sedangkan hosting untuk pengguna resourcenya dibagi-bagi kebeberapa pengguna.

VPS menawarkan lebih banyak kontrol dan fleksibilitas atas lingkungan server karena pengguna memiliki akses root ke server dan dapat menginstal perangkat lunak atau aplikasi apa pun yang mereka butuhkan sedangkan hosting aksesnya terbatas.

Dari segi biaya hosting jauh lebih murah dibandingkan menyewa vps server

kapan harus beralih menggunakan cloud vps?

Ketika memutuskan kapan harus beralih ke cloud VPS, penting untuk mempertimbangkan biaya, keamanan, dan skalabilitas solusi. Dari segi biaya, Cloud VPS bisa lebih murah daripada vps kalasik karena sistem pembayrannya pay as you go ( hanya membayar resource yang digunakan).

Cloud VPS juga lebih aman karena data disimpan di beberapa lokasi untuk tujuan redundansi dan backup data

Cloud VPS menyediakan skalabilitas lebih karena sumber daya dapat dengan mudah ditambahkan atau dihapus sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, jika Anda mencari solusi server hemat biaya yang dapat ditingkatkan atau diturunkan dengan cepat dan aman, maka cloud VPS mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Apa Provider Cloud VPS Terbaik Dan Harga Murah Saat ini?

Dari pengalaman kami lebih dari 5 tahun menggunakan cloud vps yang terbaik saat ini adalah Vultr Dan Digitalocean karena harga dan performance servernya sangat bagus dan diatas rata-rata

Baca Juga : Gampang Dan Mudah, Cara Membuat VPS DI VULTR

Kesimpulan

Adopsi Cloud VPS adalah pilihan tepat bagi perusahaan-perusahaan yang ingin menumbuhkan bisnisnya tanpa pusing memikirkan infrastruktur dengan teknologi high availability maka kemungkinan server mengalami down akan sangat kecil dibandingkan anda menggunakan vps klasik yang sangat rentan mengalami gangguan.

Sudah siapkan anda beralih ke cloud vps ? Yuk Simak, Review 7+ Cloud VPS Terbaik

Disclosure: I may receive affiliate compensation for some of the links below at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. This site is not intending to provide financial advice. This is for entertainment only.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

Cari VPS Terbaik?
Pakai Vultr
Daftar Sekarang
Gratis Saldo $100
Daftar Vultr