Panduan Lengkap:Setting DNS Control D di Mikrotik Terbaru 2024

MID TeknologiControl d adalah layanan dns yang dapat meningkatkan privacy internet yang kita gunakan, layanan dns ini juga memiliki fitur yang lengkap seperti blokir iklan dan redirect trafick menjadikan layanan control d semakin diminati dan menjadi alternatif layanan dns populer seperti adguard dan nextdns.

Di artikel ini kami akan membahas secara lengkap cara setting dns control d di mikrotik, harapannya dengan mempelajari cara integrasi control d di router mikrotik anda dapat meningkatkan keamanan privacy user yang terhubung ke jaringan anda sehingga lebih aman dan akses internet menjadi lebih cepat.

Apa itu DNS Control D?

ControlD adalah layanan DNS (Domain Name System) yang menawarkan kontrol dan kebebasan yang lebih privasi atas lalu lintas internet Anda. Layanan ini memungkinkan Anda untuk memblokir kategori situs tertentu, seperti iklan, pelacak, media sosial, dan lain-lain secara langsung di level DNS sehingga tidak membebani cpu dari router mikrotik anda.

Persiapan Setting DNS Control D

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk mengimplementasikan tutorial setting dns control d di mikrotik antara lain sbb:

  • Siapkan satu unit router mikrotik yang sudah terhubung ke jaringan internet
  • Pastikan anda sudah memiliki akun di website control d jika belum silahkan daftar gratis disini

dua hal penting diatas wajib anda miliki agar proses konfigurasi dns control d pada router mikrotik dapat di lakukan tanpa kendala.

Tutorial Setting DNS Control D di Mikrotik Router

Video Lengkap Review dan Setting DNS Control D di mikrotik

Berikut tutorial setting dns server control d di mikrotik:

Pertama, silahkan login ke layanan dns control d klik disini

Setelah berhasil login silahkan anda buat profile baru dengan cara klik menu profile lalu klik icon “+” lalu isikan nama profilenya misalnya kita buat nama profilenya MID Youtube

langkah selanjutnya kita tambahkan device router dengan cara klik menu device lalu klik icon “+” dan scrool ke bagian router dan pilih other.

Lalu pada isian device name isi dengan nama device misalnya : router-mid-teknologi dan pada bagian Enforced Profile pilih nama profile yang sudah kita buat sebelumnya yaitu MID Youtube

setelah itu pada aktifkan Legacy Resolver dan pada bagian analytics pilih Full setelah itu klik add devices

sampai dengan tahapan ini kita sudah berhasil membuat devices baru, setelah selesai akan muncul konfigurasi devices yang anda buat mulai dari IPv4, IPv6 dan URL DOH (DNS Over HTTPS)

silahkan anda catat konfigurasi tersebut di notepad agar lebih memudahkan untuk konfigurasi selanjutnya di sisi mikrotik

Langkah Selanjutnya adalah kita melakukan konfigurasi disisi Router Mikrotik.

Silahkan login ke router mikrotik anda menggunakan aplikasi winbox terbaru setelah berhasil login silahkan klik new terminal

lalu silahkan anda jalankan script di bawah ini

***download Certificate dengan perintah: 
/tool fetch url=https://curl.se/ca/cacert.pem

***setelah berhasil di download import certificatenya dengan perintah:
/certificate import file-name=cacert.pem passphrase=""

***kosongkan dns server di router mikrotik dan set allow remote request
/ip dns set allow-remote-requests=yes cache-max-ttl=3h cache-size=10240KiB servers=""

***setelah itu set static dns dan doh dengan perintah sbb:

/ip dns static add name=dns.controld.com address=76.76.2.116 type=A
/ip dns static add name=dns.controld.com address=76.76.10.116 type=A
/ip dns static add name=dns.controld.com address=2606:1a40:0:1f:7c65:8cae:3429:0 type=AAAA
/ip dns static add name=dns.controld.com address=2606:1a40:1:1f:7c65:8cae:3429:0 type=AAAA
/ip dns set use-doh-server="URL DOH ANDA" verify-doh-cert=yes

Setelah selesai melakukan konfigurasi DNS Control D di mikrotik langkah selanjutnya adalah lakukan flush cache dns dan redirect traffick ke dns control d mikrotik untuk perintahnya adalah sebagai berikut:

***redirect dns mikrotik jalankan perintah di bawah ini:

/ip firewall nat
add action=redirect chain=dstnat dst-port=53 protocol=udp to-ports=53
add action=redirect chain=dstnat dst-port=53 protocol=tcp to-ports=53

***selanjutnya lakukan flush cache dns dengan menjalankan perintah dibawah ini:

/ip dns cache flush

Jika anda mengalami kendala setelah implementasi DOH di Mikotik, Silahkan anda simak cara mengatasi masalah DOH Di Mikrotik

Sampai dengan tahapan ini anda sudah berhasil melakukan konfigurasi dns control d dengan router mikrotik, untuk uji coba silahkan anda lakukan browsing dan setelah itu buka dashboard web control d dan klik menu analytics jika tidak ada kendala akan tampil hasil analytics logs akses internet anda seperti gambar di bawah ini.

Analytics DNS Control D
Analytics DNS Control D

Kesimpulan

Mengintegrasikan layanan DNS Control D dengan MikroTik dapat sangat membantu dalam memperkuat privasi dan keamanan pengguna jaringan saat mereka menjelajahi internet. Bagi anda yang tertarik mencoba layanan dns privacy dari control d silahkan daftar disini

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment


Blokir
Iklan & Malware Gratis
Pakai
Adguard DNS Cloud
Coba Adguard