Apa Itu DBMS, Pengertian, Tujuan, Jenis dan Bahasa

Apa Itu DBMS, Pengertian, Tujuan, Jenis dan Bahasa – setelah kemarin MID Teknologi membahas tentang apa itu database, tidak lengkap rasanya jika saya tidak membahas DBMS

DBMS atau Database Management system saat ini sudah sangat berkembang, hingga saat ini mungkin sudah ada ratusan jenis DBMS yang dapat kita temui dipasaran, sebut saja Postgre, Mysql, MongoDB dll.

namun tahukah anda apa itu pengertian DBMS? yuk mari kita bahas

Apa Itu DBMS

Apa Itu DBMS, Pengertian, Tujuan, Jenis dan Bahasa

DBMS atau Database Management system adalah seperangkat perangkat lunak yang dirancang untuk mendefinisikan, memanipulasi, mengambil dan mengelola data dalam suatu pangkal data.

jadi jika database adalah sekumpulan data, DBMS adalah sebuah software untuk mengelola data-data tersebut.

DBMS akan menyediakan query query yang bisa digunakan oleh administrator untuk memanipulasi isi dari suatu database, seperti menambah,menghapus,memodifikasi isi dari suatu data sekaligus untuk memanipulasi struktur data yang ada seperti menambah kolum, menghapus, menambah tabel, mengubah urutan column,dll.

umunya sebuah database management system memiliki 2 bahasa yang dapat digunakan untuk memanipulasi data ataupun struktur didalamnya, yaitu:

  • Data Definition Language (DDL): Yaitu bahasa yang digunakan untuk memanipulasi data di suatu database contohnya seperti menambah,menghapus,memodifikasi isi dari suatu data
  • Data Manipulation Language (DML): Yaitu bahasa yang digunakan untuk memanipulasi struktur dari suatu database, contohnya sepertienambah kolum, menghapus, menambah tabel, mengubah urutan column,dll.

Tujuan DBMS

berikut MID Teknologi rangkum beberapa tujuan yang menyebabkan DBMS sangat dibutuhkan

  1. Agar suatu database bisa digunakan secara bersama-sama
  2. Memudahkan user ketika mengakses data sehingga dapat lebih efisien
  3. Menghemat ruang penyimpanan data
  4. Untuk menjaga keaman suatu database
  5. Mencegah terjadinya inkonsistensi data
  6. Mempermeudah user untuk melakukan manajemen data yang sangat banya

Jenis-Jenis Database Management System

Jenis-jenis DBMS

ada 4 jenis DBMS berdasarkan modelnya yaitu:

  • Hirarchical
  • Network
  • Relational
  • Object Oriented

1. Hirarchical

Dalam Dbms jenis ini data model akan disusun dalam struktur yang mirip seperti pohon. data disimpan dalam format hirarki. dan di representasikan seperti hubungan parent and child. data parent akan memiliki banyak child dan child bisa menjadi parent lagi yang memiliki banyak child.

contoh penerapan Hirarchical dapat dilihat pada penyimpanan file di komputer dimana file akan disimpan ke dalam sub-sub directory dan setiap directory memiliki parent directory

2. Network

jenis ini adalah peningkatan dari hirarchical dimana setiap child bisa memiliki banyak parent. model ini bisa mempresentasikan hubungan data yang lebih kompleks seperti relasi many-to-many. dalam dbms jenis ini entitas akan diatur dalam bentuk grafik dan bisa diakses melalui hubungannya.

3. Relational

dbms jenis ini sudah menggunakan database bertipe reational (RDBM) Dimana setiap entitas akan dipresentasikan dalam bentuk tabel. data data tersebut dapat dimanipulasi menggunakan structur query language (SQL). ini adalah dbms yang paling sering digunakan.

Relational database adalah database yang paling sering digunakan saat ini, mungkin anda pernal mendengan mysql, postgresql, sqlite,dll itu semua menggunakan database relational.

Baca juga : Mengenal 3 Jenis Relasi Database Beserta Contoh Kasusnya

4. Object Oriented

Dalam Object-oriented Model data disimpan dalam bentuk objek. Struktur yang disebut kelas yang menampilkan data di dalamnya. Ini mendefinisikan database sebagai kumpulan objek yang menyimpan nilai dan operasi anggota data.

Object Oriented database sendiri saat ini mulai sering digunakan karena menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibanding relational database. salah satu DBMS yang menggunakan object oriented adalah mongodb dimana mereka menyimpan data dalam bentuk json dengan konsep object oriented, dan hasilnya benar saja performa database mongo db lebih cepat dibanding database relational, apalagi dalam kasus data yang sangat banyak.

Contoh Database Management system

Ada banyak sekali software DBMS, berikut adalah beberapa diantaranya:

Keuntungan penggunaan DBMS

  • DBMS menawarkan berbagai teknik untuk menyimpan & mengambil data secara cepat.
  • memakan sedikit ruang untuk penyimpanan.
  • DBMS berfungsi untuk menyediakan data untuk beberapa aplikasi yang memerlukan data yang sama.
  • memberikan peraturan yang jelas untuk penggunaan data
  • DBMS menggunakan berbagai fungsi yang kuat untuk menyimpan dan mengambil data secara efisien.
  • Menawarkan Integritas dan Keamanan Data
  • Mengurangi Waktu Pengembangan Aplikasi

Kekurangan penggunaan DBMS

  • Biaya Perangkat Keras dan Perangkat Lunak dari DBMS cukup tinggi dibanding dengan penyimpanan tradisional.
  • Diperlukan keahlian khusus untuk dapat mengoprasikannya
  • Data yang disimpan dapat rusak bila sewaktu waktu mati listrik atau disk bermasalah.
  • Penggunaan program yang sama pada suatu waktu oleh banyak pengguna terkadang menyebabkan hilangnya beberapa data.
  • biaya perawatan yang mahal.

itulah yang dapat MID Teknologi sampaikan mengenai Apa Itu DBMS, Pengertian, Tujuan, Jenis dan Bahasa yang digunakan, semoga bermanfaat

Some of the links in this article may be affiliate links, which can provide compensation to us at no cost to you if you decide to purchase a paid plan. These are products we’ve personally used and stand behind. This site is not intended to provide financial advice.

Leave a Comment


Backup Website,Server dan Database Otomatis
Dengan BackupSheep
Coba BackupSheep
Cari Provider Internet Terbaik?
Pakai Indihome
Diskon 70%
Daftar Indihome